Jakarta (ANTARA) - Praktisi teknologi informasi dari Valiance, Adityo Sanjaya mengatakan pengambilan keputusan berdasarkan intuisi tidak lagi relevan dengan keadaan saat ini.

“Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi tidak lagi relevan dan tidak optimal. Saat ini pengambilan keputusan harus berbasiskan data dan dapat menjadi kerangka kerja suatu organisasi dalam menurunkan permasalahan bisnis maupun data, menguji hipotesis baru kemudian pada tahap pengambilan data,” ujar Adityo dalam taklimat media di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, setiap organisasi sering dihadapkan pada situasi pengambilan keputusan krusial, namun kerap kali pengambilan keputusan pada setiap organisasi dilakukan berdasarkan intuisi.

Valiance merupakan divisi konsultan dari Pacmann, sebuah akademi yang secara aktif menyebarluaskan pengetahuan mengenai industri data melalui program non-degree (tanpa gelar), untuk mereka yang ingin berkarier sebagai data scientist dan business intelligence/data analyst. Materi program yang diajarkan setara dengan kurikulum S-1 dan S-2 statistics dan machine learning.

Adityo menambahkan solusi berbasis machine learning bersifat menyeluruh. Proses bisnis solusi itu mencakup analisis ketimpangan, akuisisi dan konstruksi data, pengembangan model, implementasi infrastruktur machine learning, hingga evaluasi dampak solusi terhadap bisnis.

"Dalam merancang solusi bisnis, kami terbiasa merujuk pada research paper tentang machine learning. Kami pun selalu melibatkan subject matter expert di bidang industri terkait di dalam proses bisnis yang kami lalui,” ujar dia.

Head of Mid-Market & Enterprise Greenfi AWS Indonesia Anthony Amni mengatakan bahwa pihaknya di AWS sangat menyambut baik adopsi data analytics dan machine learning di berbagai industri.

"Penerapan data analytics dan machine learning itu biasanya ada di perusahaan rintisan karena mereka early adopters, namun sekarang, perusahaan non-digital pun sudah banyak mengadopsi fondasi data analytics dan machine learning," katanya.

Cloud computing seperti AWS, kata Anthony, telah berhasil mendemokratisasi adopsi data analytics dan machine learning selama beberapa tahun terakhir. Dari sisi biaya dan kepraktisan, menurut dia, cloud computing membuat proses adopsi ini menjadi lebih murah dan mudah.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022