Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor karena ekor antrean terus memanjang dengan laju tersendat Minggu petang, sebagai upaya antisipasi macet total.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudistira saat dihubungi di Cianjur Minggu, mengatakan menjelang petang antrean kendaraan dengan laju terhenti terus memanjang, imbas antrean yang terjadi di wilayah hukum Bogor, sehingga sistem satu arah diberlakukan.

"Ekor antrean terus memanjang Minggu petang, sehingga kami berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk memberlakukan sistem satu arah mulai dari Puncak Pass sampai pintu tol Ciawi," katanya.

Seiring ditutupnya tempat wisata, volume kendaraan yang melintas di jalur utama Puncak, terus meningkat. Antrean kendaraan di titik rawan macet seperti pertigaan Hanjawar, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pacet, terus memanjang, sehingga rekayasa arus dilakukan petugas yang disiagakan di titik tersebut.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan dari arah Cianjur dengan tujuan Bogor, untuk mengambil jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, guna menghindari terjebak antrean di jalur utama Puncak-Cianjur.

"Sifatnya situasional, ketika antrean menuju Bogor mencair, akan diberlakukan kembali jalur normal dari kedua arah. Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengikuti arahan petugas dan tetap mengutamakan keselamatan," katanya.

Pantauan Antara, sistem satu arah yang dilakukan Minggu petang, belum dapat mencairkan antrean yang terjadi di jalur Puncak-Bogor, bahkan volume kendaraan terus bertambah di jalur utama setelah tempat wisata tutup, sehingga antrean kendaraan dengan laju tersendat kembali terlihat.

Baca juga: Sistem ganjil genap masih diterapkan di jalur utama Puncak-Cianjur
Baca juga: Pengguna jalan tujuan Bogor diimbau gunakan jalur alternatif

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022