Seluruh korban berhasil ditemukan selamat sekitar pukul 12.10 WIT menggunakan RIB 02 Ternate dan kapal Ikan milik masyarakat Rua
Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), menyatakan tim SAR gabungan berhasil menemukan 14 korban kapal ikan KM Virli tenggelam di perairan Rua Ternate dalam kondisi selamat.

"Seluruh korban berhasil ditemukan selamat sekitar pukul 12.10 WIT melalui tiim SAR gabungan menggunakan RIB 02 Ternate dan kapal Ikan milik masyarakat Rua. Tim berhasil menemukan KM Virli di jarak 3.1 Nm, radian 243° dari LKP dalam keadaan tenggelam," kata Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Minggu.

Selanjutnya seluruh ABK berhasil dievakuasi ke atas kapal ikan milik masyarakat, para korban pun di bawa ke Pantai Akerica Kelurahan Rua. Pukul 13.45 WIT, tim SAR gabungan tiba di Pantai Akerica, Kota Ternate dan menyerahkan korban kepada pihak keluarga.

Baca juga: Tim SAR evakuasi 253 penumpang feri di perairan Morotai

Baca juga: Basarnas selamatkan nelayan Morotai yang dilaporkan hilang


Ia menyatakan 14 korban yang tenggelam berhasil diselamatkan yakni Joni M. Yasin (Capt), Muid, Kamil, Junaidi, Teguh, Isran, Dimin, Isnan, Idris, Aldi, Wahyudin, Fandi, Baba dan Irda.

Dengan telah ditemukannya seluruh korban, maka operasi SAR pun ditutup dengan hasil 14 orang korban ditemukan dalam keadaan selamat. Selanjutnya semua unsur dan potensi yang terlibat dikembalikan kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih.

Sebelumnya, Basarnas melakukan pencarian terhadap sebuah kapal ikan berpenumpang 14 orang dilaporkan tenggelam di perairan Rua Kota Ternate pada Minggu sekitar pukul 10.10 WIT.

Baca juga: Tim SAR Bacan selamatkan nelayan di perairan Halmahera Selatan

Baca juga: Nelayan Halmahera Selatan hilang lima hari berhasil ditemukan selamat



 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022