AsiaNet 98080

Toyota, Jepang, 30 September 2022 (ANTARA/Kyodo JBN-Asianet) - SkyDrive Inc. telah meluncurkan desain mobil terbang model komersialnya -- SkyDrive SD-05. SkyDrive berencana menggunakan SD-05, yang saat ini dalam pengembangan, untuk meluncurkan layanan taksi udara di area Teluk Osaka selama pameran dunia yang dijadwalkan pada 2025 di Osaka, Jepang.

"Ini adalah langkah besar lainnya menuju realisasi mobil terbang dan jalan raya," kata Direktur desain SkyDrive, Takumi Yamamoto. "Dua tahun telah berlalu sejak pengumuman SD-03, yang berhasil menyelesaikan uji terbang berawak publik pada Agustus 2020, dan kami sangat senang dapat mengumumkan penggantinya, SD-05."

Berkantor pusat di Toyota City, Prefektur Aichi, SkyDrive adalah pengembang dan produsen mobil terbang (*1) dan drone kargo terkemuka di Jepang.

Gambar1: Eksterior SD-05, sedang dalam pengembangan

Video Model Komersial SD-05
Judul: SkyDrive SD-05: Kendaraan Terbang Tanpa Emisi

Ikhtisar SD-05
SD-05 adalah pesawat kompak bertenaga listrik dua kursi dengan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal. Dioperasikan oleh pengemudi-pilot, stabilitas penerbangannya dijamin dengan bantuan sistem penerbangan yang dikendalikan komputer. SkyDrive mengembangkan mobil terbang dengan tujuan mewujudkan dunia di mana mereka digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mobilitas udara seperti halnya mobil digunakan untuk transportasi darat sehari-hari.

"Kendaraan ini bukan sekadar alat sederhana untuk bepergian dari titik A ke B," kata Yamamoto. "Berdasarkan konsep desain 'memberikan sayap untuk perjalanan sehari-hari', ini juga merupakan mitra perjalanan yang lebih aman dan menyenangkan."

SkyDrive sedang dalam proses memperoleh sertifikat tipe (*2) untuk SD-05 dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT), sebagai yang pertama di Jepang. Perusahaan ini terus berupaya untuk memprakarsai penggunaan praktis mobil terbang selama Pameran Dunia Osaka, Kansai, yang dijadwalkan pada tahun 2025 di Jepang. SD-05 dirancang untuk melakukan perjalanan hingga kira-kira 10 km dan kecepatan jelajah maksimum adalah 100 km/jam. Namun, desain dan spesifikasi dapat berubah dan mengikuti perkembangan desain.

Penggunaan potensial untuk SD-05 saat ini sedang dipertimbangkan, termasuk transportasi jalan pintas melalui langit, akses unik ke fasilitas resor, dan layanan medis darurat.

"SkyDrive akan terus merancang impian masa depan dengan tujuan mewujudkan sky road," ujar Yamamoto. SkyDrive juga bergerak untuk mempromosikan operasi bisnisnya tidak hanya di Jepang tetapi juga di luar negeri. Di AS, misalnya, perusahaan ini mendirikan kantor pada September 2022, dengan tujuan menyediakan sarana transportasi udara "last mile". Perusahaan tersebut telah mengembangkan pasar bersama dengan otoritas lokal dan perusahaan mitra.

Desain Eksterior SD-05
Seperti halnya pesawat prototipe berawak SD-03 kursi tunggal SkyDrive, "progresif" (pelopor dan canggih) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan desain SD-05, yang menurut SkyDrive adalah deskripsi yang tepat untuk genre transportasi baru. Melihat badan pesawat, atau badan, pesawat dari samping, kontur berbentuk S menunjukkan sepasang baling-baling terangkat ke langit. Melihat ke bawah di pesawat tersebut dari atas, pemirsa melihat bentuk burung walet putih mutiara, burung kecil tapi lincah yang mampu terbang tinggi.


Desain badan pesawat yang canggih secara aerodinamis diinformasikan oleh studi tentang bentuk ramping burung dan hewan dan menampilkan ekor horizontal dan vertikal untuk menambah stabilitas dalam penerbangan. Di sudut atas badan pesawat, 12 unit baling-baling motor diposisikan untuk stabilitas penerbangan. Ini mencerminkan teknologi kontrol penerbangan yang diperoleh melalui lebih dari 1.000 tes penerbangan yang dilakukan selama pengembangan badan pesawat.

Untuk SD-05, spesialis dari SkyDrive dan mitranya telah bekerja sama dengan JAMCO Corporation (*3), pembuat interior pesawat; Toray Carbon Magic Co., Ltd. (*4), penyedia Plastik Penguat Serat Karbon (CFRP) canggih; dan Electric Power Systems, Inc. (*5), pengembang terkemuka sistem baterai yang mencakup powertrain berdaya tinggi untuk pesawat listrik yang memenuhi syarat untuk sertifikasi tipe.

Dengan misinya untuk memimpin revolusi mobilitas sekali dalam satu abad, SkyDrive mengembangkan mobil terbang yang lebih aman dan lebih aman melalui pengembangan dan uji demonstrasi berulang dari model komersial SD-05, yang mengarah ke masa depan di mana transportasi udara adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Kami berharap dapat bertemu dengan semua orang di Osaka Expo pada tahun 2025," ucap direktur desain Yamamoto.



Catatan:
(*1) Mobil terbang, yang umumnya disebut pesawat eVTOL (lepas landas dan mendarat vertikal listrik) di luar Jepang, dicirikan oleh elektrifikasi, autopilot otonom penuh, dan lepas landas dan mendarat vertikal. Sebuah kemajuan baru di bidang mobilitas, pengembangan mobil terbang sedang dipromosikan secara global. Di Jepang, Dewan Publik-Swasta untuk Revolusi Mobilitas Udara didirikan pada tahun 2018 untuk tujuan itu. Proyek ini diharapkan mengarah pada layanan taksi di daerah perkotaan, sarana transportasi baru untuk pulau-pulau terpencil dan daerah pegunungan, dan transportasi darurat pada saat bencana. Peta jalan yang disusun Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) dan MLIT mengantisipasi dimulainya bisnis pada pertengahan 2020-an.

(*2) Siaran Pers SkyDrive berdasarkan kesepakatan untuk sertifikasi tipe mobil terbang dengan MLIT

(*3) Siaran Pers SkyDrive tentang kolaborasi dengan JAMCO Corporation (Hanya tersedia dalam bahasa Jepang)

(*4) Siaran Pers SkyDrive tentang kolaborasi dengan Toray Carbon Magic Co., Ltd.

(*5) Siaran Pers SkyDrive tentang kolaborasi dengan Electric Power Systems, Inc.


Untuk mempelajari tentang penggalangan dana untuk proyek ini, kunjungi: https://en.skydrive2020.com/archives/7416

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://en.skydrive2020.com/

Sumber: SkyDrive Inc.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022