kantor sangat mendukung saya untuk lanjut kuliah
Solok (ANTARA) - Kisah seorang wisudawati di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok Mitra Yoriskia (24) menjadi pusat perhatian karena mengendarai mobil truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat menghadiri wisudanya.

"Saat wisuda kemarin memang saya sendiri yang mengendarai mobil truk DLH Kota Solok yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut sampah," kata Mitra di Solok, Rabu.

Ia mengaku sama sekali tidak gengsi mengendarai truk sampah saat menghadiri momen wisudanya. Karena dari pekerjaan itulah, ia berhasil meraih gelar sarjana hukum.

"Ini sudah menjadi pekerjaan sehari-hari. Bahkan di lingkungan pekerjaan banyak teman-teman yang memberikan dukungan untuk lanjut kuliah," ujar dia.

Baca juga: 25 pekerja migran Indonesia di Hong Kong raih gelar sarjana
Baca juga: Meski sudah berusia 60, marbot masjid di NTB raih gelar sarjana

Mitra juga mengatakan sebelumnya dirinya telah bekerja sebagai honorer di DLH Kota Solok sejak tahun 2018 yang awalnya sebagai sukarelawan dan satu-satunya perempuan di bidang kebersihan atau angkut sampah.

"Alhamdulillah pada tahun 2021 saya diangkat menjadi honorer bagian pengawas angkutan ambrol dan mobil truk DLH Kota Solok. Dari sinilah saya bisa kuliah dengan biaya sendiri," ucap dia.

Sebelumnya, Mitra pernah lulus SBMPTN di salah satu perguruan tinggi negeri jurusan olahraga. Hanya saja kondisi waktu itu yang tidak memungkinkan karena kedua orang kakaknya juga masih kuliah, tentu membutuhkan biaya yang besar.

"Hingga akhirnya saya milih bekerja dulu dan setelah itu baru bisa lanjut kuliah di kampus UMMY Solok," katanya.

Baca juga: 9 TKI di Korsel raih gelar sarjana
Baca juga: Kiper PSM Makassar raih gelar sarjana

Ia sebelumnya mengambil jalur non-reguler, sehingga bisa membagi jadwal bekerja dan kuliah. Selain itu, DLH juga selalu mendukungnya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Alhamdulillah kantor sangat mendukung saya untuk lanjut kuliah. Dari hasil kerja ini saya bisa bantu ayah yang hanya bekerja di bengkel dan ibu jualan di depan sekolah,” katanya.

Mitra juga merupakan wisudawati lulusan terbaik di kampus UMMY Kota Solok jurusan hukum dengan nilai IPK 3,73.

“Rencana ke depan setelah ini mau daftar ke Kejaksaan atau Kemenkumham yang sesuai dengan jurusan,” ujar dia. 

Baca juga: Darwati, si PRT sarjana administrasi niaga berpredikat cumlaude

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022