Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Atase Darat Australia Colonel Steven Daley membahas rencana penanganan bencana alam dan skenario lainnya terkait penanganan warga Negara Australia di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

"Jajaran Kodam XIV/Hasanuddin menerima kunjungan Atase Darat Australia untuk membahas kerja sama dan mempererat hubungan antarnegara lingkup Angkatan Darat secara khusus, termasuk rencana penanganan bencana alam," kata Toto di sela penerimaan kunjungan Atase Darat Australia bersama rombongan di Makodam Makassar, Selasa.

Pada kesempatan tersebut Pangdam memperkenalkan para pejabat utama Kodam XIV/Hasanuddin kepada pihak Atase Darat Australia dan rombongan. Sebaliknya Colonel Steven Daley juga memperkenalkan rombongan yang dipimpinnya sebelum berdialog terkait pembahasan kerja sama kedua belah pihak.

Totok mengatakan suatu kehormatan bagi Kodam XIV/Hasanuddin mendapat kunjungan dari Atase Darat Australia untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kerja sama, baik antarnegara maupun dalam lingkup Angkatan Darat secara khusus.

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut, kata Steven, untuk meninjau dan menyempurnakan tentang tanggapan mengenai rencana penanganan bencana alam dan skenario lain yang mungkin memerlukan evakuasi dari warga negara Australia yang ada di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Menanggapi hal tersebut, Totok mengatakan hal itu searah dengan rencana kontijensi Kodam XIVHasanuddin tentang tugas pokok TNI yang diatur dalam pasal 7 Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 yaitu operasi militer, selain perang (OMSP).

Ia menambahkan isi undang-undang itu, di antaranya mengatur upaya membantu pemerintah menangani bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

"Selama ini hubungan kerja sama bilateral sudah dirasakan manfaatnya secara timbal balik karena selain Australia siap membantu dan menjamin kesejahteraan rakyat Indonesia, Kodam juga memberikan jaminan kesejahteraan dan keamanan bagi warga Australia yang ada di daerah ini," kata Pangdam.

Hal senada dikemukakan oleh Atase Darat Australia, Steven menyebutkan bahwa terjalinnya kerjasama ini memberikan dampak positif bagi kedua negara, sehingga ke depan hubungan kerjasama bilateral ini terus terjalin.

Dia mengatakan dalam kunjungan kerja tersebut, selain melakukan pertemuan dengan departemen pemerintah Indonesia, juga akan berkunjung ke lokasi infrastruktur strategis seperti bandara, pelabuhan dan rumah sakit.
Suasana di sela pertemuan Pangdam XIVHasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Atase Darat Australia Colonel Steven Daley di Makodam Hasanuddin di Makassar, Selasa (7/2/2023). Antara/ HO-Kodam XIV/Hasanuddin

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023