Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Ribuan anak yatim di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di bawah binaan Baldatun Center mendapatkan fasilitas Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Ada 2.578 ribu anak yatim yang mendapatkan fasilitas KIS. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami sekaligus memberikan apresiasi kepada Baldatun Center yang telah peduli terhadap anak yatim melalui pemberdayaannya," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Selasa.

Menurut Marwan, dengan adanya KIS ini diharapkan bisa mempermudah dan meringankan anak yatim untuk mendapatkan berbagai fasilitas kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Baca juga: Dinsos Pandeglang salurkan bansos anak yatim piatu dari Kemensos

"Pemberian KIS ini merupakan keberpihakan Pemkab Sukabumi kepada anak yatim yang ada di Kabupaten Sukabumi dan sebagai wujud tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan dan hak demi keberlangsungan hidup anak yatim," katanya.

Pihaknya pun memberikan apresiasi kepada lembaga Baldatun Center yang melakukan aksi mendukung visi dan misi Kabupaten Sukabumi dari segi religius, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan.

"Kami berharap Baldatun Center bisa terus konsisten dalam membina, mengembangkan, dan memberdayakan para anak yatim. Apalagi lembaga ini telah mampu menciptakan para penghafal Al Quran," katanya.

Baca juga: Pemkab Gorontalo salurkan bantuan untuk 108 anak yatim piatu

Pendiri sekaligus penanggung jawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan pemberian fasilitas KIS kepada anak yatim merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Sukabumi peduli dan selalu memperhatikan rakyatnya.

Dengan adanya fasilitas KIS ini, kata dia, para anak yatim tidak perlu khawatir lagi datang ke fasilitas kesehatan seperti berobat jalan maupun rawat inap karena biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.

"Masih banyak anak yatim di Kabupaten Sukabumi yang belum memiliki KIS untuk berobat. Dengan adanya bantuan dari Pemkab Sukabumi ini kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami," katanya.

Baca juga: Pemkot Jaktim serahkan santunan untuk anak yatim di Jatinegara

Selain penyaluran KIS, juga diselenggarakan perlombaan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) di Gedung Puskopdit BK3D Sukabumi di Kecamatan Cibadak yang merupakan rangkaian dari milad ke-7 Baldatun Center.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023