Tanoto Foundation buka beasiswa sarjana magister

Tanoto Foundation buka beasiswa sarjana magister

Sukanto Tanoto (ANTARA FOTO/Audy Alwi)

Jakarta (ANTARA News) - Tanoto Foundation membuka kesempatan beasiswa bagi calon sarjana dan magister untuk tahun penerimaan 2018 lewat rangkaian program "National Champion Scholarship".

"Melalui program beasiswa unggulan ini, Tanoto Foundation ingin meneruskan kepada penerima beasiswa mengenai nilai-nilai kepemimpinan Bapak Sukanto Tanoto," kata Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan Sukanto Tanoto mengajarkan nilai belajar sepanjang hayat dan memimpin dimulai dari diri-sendiri, selanjutnya memimpin orang lain. Tanoto juga mengajarkan agar individu peduli terhadap masyarakat.

Sihol memperkirakan peminat beasiswa Tanoto Foundation akan membanjiri laman web resminya di www.tanotofoundation.org. Pendaftaran beasiswa Tanoto itu hanya dibuka melalui laman web dan diutamakan kepada kalangan tidak mampu.

"Pada 2017, program `National Champion Scholarship` diminati lebih dari 12.000 pendaftar," kata dia.

Program beasiswa tersebut telah berlangsung sejak 2006 sebagai wujud peran lembaga filantropi swasta dalam meningkatkan akses terhadap pendidikan.

Menurut laporan tahunan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi pada 2016 baru mencapai 28,10 persen. Artinya, kurang dari sepertiga remaja usia kuliah yang bisa belajar di perguruan tinggi.

Program beasiswa tersebut, kata dia, juga bertujuan untuk mengembangkan pemimpin masa depan Indonesia. Para penerima beasiswa Tanoto Foundation (Tanoto Scholars) selain mendapat dukungan biaya pendidikan dan uang saku, juga mendapat berbagai pelatihan soft skills seperti public speaking, menulis, presentasi dan kepemimpinan serta kerja sama tim.

"Ambil bagian dalam mengembangkan pemimpin masa depan Indonesia merupakan amanat dari pendiri Tanoto Foundation, yaitu Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto. Untuk mengimplementasikan pesan pendiri kami tersebut, Tanoto Foundation memberikan dukungan melalui berbagai program beasiswa, salah satunya `National Champion Scholarship`," kata dia.

Dia mengatakan pendaftaran program besiswa "National Champion Scholarship" dibuka hingga akhir Februari 2018. Untuk bisa diterima sebagai Tanoto Scholars, pendaftar harus melewati tiga tahap seleksi, pertama yaitu verifikasi dokumen administrasi, kedua tes psikologi, dan terakhir tes wawancara.

"Hasil setiap tahap akan diumumkan secara resmi di website Tanoto Foundation. Hingga saat ini, lebih dari 2.900 mahasiswa S1 dan S2 mendapat dukungan beasiswa `National Champion Scholarship` yang tersebar di 12 perguruan tinggi mitra," kata dia. 
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018