Surabaya (ANTARA News) - Sejumlah relawan Joko Widodo yang tergabung dalam Forum Komunikasi Relawan Jokowi Jawa Timur menjanjikan suara mendukung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno di Pilkada 2018.

"Kami berkomitmen mengawal pemenangan Gus Ipul-Puti sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode mendatang, dan Jokowi sebagai Presiden Indonesia dua periode," ujar koordinator Seknas Jokowi Jatim, Sapto Raharjo, di sela pernyataan sikapnya bersama relawan lainnya di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, sejak Puti ditetapkan menjadi pendamping Gus Ipul, maka relawan- relawan Jokowi di Jatim menyatakan mendukung penuh dan relawan-relawan Jokowi yang tersebar di provinsi ini menyampaikan komitmennya.

Alasan lainya, kata dia, karena melihat Gus lpul telah mempunyai pengalaman birokrasi selama dua periode, kemudian Puti mempunyai pengalaman legislatif selama dua periode.

"Bagi para relawan Jokowi, pasangan Gus lpul dan Mbak Puti mempunyai nuansa Nahdlatul Ulama (NU) dan Nasionalis Marhaen dan akan memberikan jaminan pada keragaman yang Tunggal Ika dalam satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucapnya.

Hal senada disampaikan koordinator relawan Bakti Puti, Heri Purwanto, yang mengatakan Gus lpul selama ini terkenal sabar dalam menata manajemen birokrasi dan menata hubungan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat.

"Maka kami yakin pasangan ini akan mampu mencapai Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur di Jatim. Apalagi ada campur tangan Mbak Puti yang selama ini percaya pada budaya sebagai strategi nasional membangunan perekonomian negara," kata anggota DPRD Jatim periode 2004-2009 itu.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, lanjut dia, para relawan Jokowi tidak cukup dengan memberikan dukungan, tapi juga mengkonsolidasikan dari dalam satu wadah yang bernama Forum Komunikasi Relawan Jokowi Jawa Timur (Forkom Jokowi -Jatim).

Sementara itu, Gus Ipul yang datang pada forum tersebut mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan berkomitmen bersama Puti untuk mengaplikasikan semangat nawacita dalam memajukan Jatim.

"Semangat Nawacita itu kan membangun dari pinggiran, hal inilah yang akan saya lakukan di Jatim bersama Mbak Puti jika terpilih nanti," kata mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut.

Tak itu saja, program unggulan untuk menghapus kesenjangan antara lain Satria Madura (satu triliun untuk madura), Tebar Jala (pusat ekonomi baru jalur selatan) serta beberapa program lainnya adalah bagian dari upaya untuk membangun dari pinggiran demi mengurangi kemiskinan.

"Dua kata kunci untuk membangun dari pinggiran ini yakni kabeh sedulur kabeh makmur. Untuk mewujudkannya juga perlu perubahan berkelanjutan," katanya.

Sejumlah elemen relawan yang turut hadir menyatakan komitmennya yakni Posko ReIawan Jokowi- JK (POSKO JOKOWI-JK), Masyarakat Peduli Pangan (MAPAN), Relawan Pro Demokrasi (REPDEM), Sekretariat Nasional Jokowi (Seknas -Jokowi) dan Bakti Puti.

Kemudian, Forum Relawan Demokrasi (Foreder), Pro Jokowi (Projo), Jaringan Nasional Indonesia Baru (JNIB), Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Persaudaraan Anak Bangsa (PAB), serta Aliansi Masyarakat untuk Indonesia Hebat (Aimisbhat).

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018