Aher bicara soal pemimpin jujur saat safari Ramadhan

Aher bicara soal pemimpin jujur saat safari Ramadhan

Arsip Foto. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (ANTARA /Novrian Arbi)

Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menekankan pentingnya sifat jujur dalam diri seorang pemimpin dan mengajak para pemuda, yang akan menjadi pemimpin masa depan, berkomitmen untuk jujur.

Saat menjadi pembicara dalam kegiatan Senja Safari Iman Ramadhan 1439 H yang dihadiri kaum muda di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Aher mengatakan kejujuran akan menumbuhkan karakter baik yang lain, seperti ketulusan.

"Seorang pemimpin pun akan senantiasa membangun kelihaian berkomunikasi lewat kejujuran. Karena jujur akan membawa hati yang tulus. Berbagai kebaikan pangkalnya jujur. Jadi profesional dalam menjalankan kepemimpinan juga modalnya jujur," kata Aher dalam siaran persnya, Minggu.

"Hendaklah kalian berkomitmen dengan kejujuran, kejujuran membimbing pada kebaikan, dan kebaikan membimbing kita pada surga," ujar Aher kepada para pemuda yang hadir di majelis tersebut.

Kejujuran, ia melanjutkan, akan memunculkan integritas untuk bekerja secara benar dan penuh kesungguhan. Dan bersama kemampuan komunikasi yang baik, ia melanjutkan, kejujuran akan membawa manfaat sangat besar dalam menjalankan kepemimpinan.

"Pemimpin harus mau mendengarkan masukan, baik yang bernada halus maupun sarkastik. Terima saran dan masukan dari segala arah," katanya memberikan kiatnya memimpin Jawa Barat selama 10 tahun.

Ia menambahkan seorang pemimpin juga harus terus meningkatkan kompetensi manajerial supaya kemampuannya memberdayakan personel makin optimal dan mampu menumbuhkan rasa saling percaya antara atasan dan bawahan.
 
Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018