Setiap anggota keluarga harus saling mengawasi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan..."
Martapura (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banjar, Kalimantan Selatan, AKBP Takdir Mattanete berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria pengunjung wisata air "Waterboom" yang sempat tenggelam di tempat itu.

"Saya bersama keluarga kebetulan berada di lokasi kejadian, dan mendapati seorang pengunjung sempat tenggelam dengan kondisi lemah," ujar Takdir Mattanete di Martapura, Kalimantan Selatan, Senin.

Kejadian yang hampir merenggut nyawa korban bernama Mansyur berusia 33 tahun itu terjadi di wahana wisata air Waterboom di Jalan A. Yani KM 11 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Saat kejadian sekira pukul 12.30 Wita, dan korban yang warga Sungai Asam Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, tengah bermain-main di salah satu kolam objek wisata air itu.

Diduga karena kelelahan, korban merasa pusing dan terjatuh ke dalam kolam, kemudian tubuhnya tenggelam dan menyentuh kaki adiknya yang bernama Syaiful Anwar.

Melihat sang kakak dalam kondisi lemah diduga karena tenggelam dalam kolam dan kemasukan air, saksi dibantu Kapolres dan Kapolsek Kertak Hanyar Iptu Joni Arif mengangkat tubuh korban.

Selanjutnya, tubuh korban yang cukup lemah dibaringkan dan diberikan bantuan pernafasan yang dilakukan dua aparat kepolisian tersebut.

Menurut Takdir Mattanete, pertolongan pertama yang diberikan adalahi menekan dada korban sehingga bisa bernafas dengan normal, setelah tidak mampu bernafas karena kemasukan air.

"Alhamdulillah, setelah diberikan pertolongan pertama dengan menekan dadanya perlahan-lahan, nyawa korban berhasil diselamatkan dan bisa bernafas dengan normal," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau pengunjung objek wisata di Kabupaten Banjar selalu berhati-hati dan mengawasi setiap anggota keluarga sehingga bisa ditolong jika mengalami musibah.

"Setiap anggota keluarga harus saling mengawasi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dan polisi hadir di objek wisata untuk memberikan keamanan maupun kenyamanan pengunjung ," demikian AKBP Takdir Mattanete.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018