58.807 penumpang tiba di Kampung Rambutan

58.807 penumpang tiba di Kampung Rambutan

Sejumlah calon pemudik menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (13/6/2018). Kementerian Perhubungan memprediksi terjadi peningkatan sebesar 1,76 persen atau mencapai delapan juta orang yang menggunakan moda transportasi bus pada masa angkutan lebaran 2018. (ANTARA /Aprillio Akbar)

Jakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang arus balik melalui Terminal Kampung Rambutan Jakarta sejak hari H Lebaran hingga H+4 atau Selasa pukul 14:00 WIB ada sebanyak 58.807 jiwa menggunakan 1.840 bus dari berbagai kota di Jawa Barat dan Banten.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, di Posko Lebaran Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa, mengatakan data jumlah penumpang arus balik tersebut masih akan di update dua kali lagi hingga pukul 24:00 WIB.

Thofik Winanto memperkirakan, jumlah penumpang arus balik pada hari ini akan lebih ramai dibandingkan dengan hari Senin (18/6), yakni sebanyak 22.044 hingga pukul 24:00 WIB.

Para pemudik yang balik melalui Terminal Kampung Rambutan, menurut dia, datang secara berangsur-angsur sehingga tidak terjadi puncak arus balik secara  signifikan. 

"Ini karena waktu liburnya cukup panjang setelah Lebaran dan bus yang datang dari kota-kota di Jawa Barat dan Banten, bukan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Terminal Luar Kota Kampung Rambutan, terlihat normal dan penumpang yang berangkat cenderung sepi. 

Sejumlah penumpang terlihat menaiki bus jurusan jarak dekat yakni Balaraja, Bogor, Sukabumi, dan Bandung.
Berdasarkan data di Posko Lebaran Terminal Kampung Rambutan, jumlah penumpang yang berangkat dari terminal tersebut pada hari ini hingga pukul 14:00 WIB sebanyak 2.048 jiwa menggunakan 197 bus.

Baca juga: Hari ini puncak arus balik Kampung Rambutan
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018