Jalur ditutup sementara, karena terjadi kebakaran...
Magetan, Jawa Timur (ANTARA News) - Jalur pendakian ke Gunung Lawu di Magetan ditutup sejak Jumat dini hari akibat kebakaran di kawasan sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu, dekat dengan puncak gunung.

"Rencana saya akan mendaki puncak Lawu melalui jalur pendakian Candi Cetho. Namun jalur ditutup, alasannya ada kebakaran di sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu," kata Anton, pendaki asal Yogyakarta yang pada Minggu dini hari berencana menuju puncak Lawu melalui jalur Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, untuk ikut memperingati Hari Kemerdekaan.

"Maka saya langsung ke Cemoro Sewu untuk mencari informasi yang sebenarnya," kata Anton di depan gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu.

"Sebelum ke sini, saya tadi sempat mampir ke Cemoro Kandang. Di sana, jalur pendakian juga ditutup karena alasan adanya kebakaran," ia menambahkan.

Selain Anton, puluhan pendaki dari berbagai daerah seperti Purwokerto, Solo, Madiun dan Ngawi tertahan di gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu.

Seorang petugas penjaga loket, Suparman, mengatakan untuk sementara jalur pendakian ditutup demi keamanan pendaki.

"Jalur ditutup sementara, karena terjadi kebakaran. Sewaktu-waktu bila kondisi sudah aman, akan dibuka kembali," katanya.

Ia menambahkan penutupan jalur pendakian Cemoro Sewu dilakukan sejak Jumat dini hari.

Suparman menjelaskan jumlah pendaki yang menuju puncak Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu sejak Kamis hingga Sabtu pagi sekitar 1.500 orang.

Baca juga: Pendaki gagal capai puncak Lawu akibat kebakaran
 

Pewarta: Louis Rika Stevani, Siswowidodo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018