Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kembali melantik dan memimpin pengucapan sumpah jabatan terhadap anggota DPR RI penggantian antarwaktu (PAW) dari Fraksi Partai Hanura.

Dua anggota DPR RI PAW yang dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan adalah, Tetty Pinangkaan menggantikan Syarifuddin Sudding dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah serta Jalaluddin Akbar menggantikan Mochtar Tompo dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan I, pada rapat paripurna penutupan masa persidangan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Bambang Soesatyo memimpin pengucapan sumpah jabatan  terhadap dua anggota DPR RI PAW yang disaksikan para anggota DPR RI yang hadir pada rapat paripurna.

Syarifuddin Sudding dan Mochtar Tompo mundur dari anggota DPR RI karena pindah partai dan menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasionaol (PAN) pada pemilu legislatif 2019.

Sebelumnya, pada rapat paripurna DPR RI, Senin (3/12), Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo juga melantik dan memimpin pengucapan sumpah terhadap empat anggota DPR RI PAW dari Fraksi Partai Hanura dan seorang anggota DPR RI PAW dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Keempat anggota DPR RI PAW dari Fraksi Partai Hanura adalah, Erik Adtrada Ritonga menggantikan Rufinus Hotmaulana Hutauruk dari daerah pemilihan Sumatera Utara II, Ferdinand Sampurna Jaya menggantikan Frans Agung Mula Putra dari daerah pemilihan Lampung I, Timbul P  Manurung menggantikan Arief Suditomo dari daerah pemilihan Jawa Barat I, Erislan menggantikan Dadang Rusdiana dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Sementara, Lukman Hakim Hasibuan dari Fraksi PPP menggantikan Fadly Nurzal dari Sumatera Utara III.

Pengucapan sumpah jabatan anggota DPR RI PAW dipimpin oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. "Sumpah yang Anda ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap negara dan Pancasila. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati," ujar Bambang.

Keempat anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura yang diganti karena pindah ke partai lain dan maju sebagai caleg dari Partai Nasdem pada pemilu 2019.


Baca juga: Ketua DPR lantik empat anggota DPR PAW
Baca juga: Ketua DPR lantik lima anggot DPR PAW

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018