Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menytakan layanan kesehatan di 15 kecamatan di daerah itu akan tetap buka seperti biasa selama libur Lebaran nanti.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir saat berada di kantor Pemkab Rejang Lebong, Senin, mengatakan pelayanan kesehatan di  21 Puskesmas di wilayah itu akan tetap buka dengan menerapkan sistem piket.

"Pelayanan kesehatan untuk masyarakat selama musim libur lebaran nanti tetap buka seperti biasa, di mana mereka ini akan menggunakan jadwal piket, selain itu mereka ini juga akan dilibatkan dalam Posko Lebaran bersama dengan pihak kepolisian dan dinas/instansi lainnya," kata Syamsir.

Penyiagaan Puskesmas dan petugas medis dalam Posko Lebaran, kata dia, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat maupun pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat melintas di Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut dia, dari 21 Puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, terdapat tujuh Puskesmas yang memiliki ruang perawatan sehingga mereka tetap buka 24 jam, sedangkan yang tidak memiliki ruang perawatan tetap buka dan tutup seperti jam biasanya.

Untuk tujuh Puskesmas yang memiliki ruang perawatan ini antara lain Puskesmas Padang Ulak Tanding, Kepala Curup, Bangun Jaya, Kota Padang, Sindang Jati, Sindang Dataran dan Puskesmas Bermani Ulu.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan tujuh Puskesmas di jalur mudik baik yang berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, maupun Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong.

Sebanyak tujuh puskesmas yang akan buka 24 jam kendati tidak memiliki ruang rawat inap, namun letaknya berada di jalur mudik, sehingga mereka buka nonstop antara lain dua puskesmas di Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong, yakni Puskesmas Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara dan Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu.

Kemudian empat puskesmas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yakni Puskesmas Padang Ulak Tanding, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, Puskesmas Beringin Tiga, Kecamatan Sindang Kelingi, Puskesmas Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang, serta Puskemas Curup yang berada di dalam kota.
 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019