Telkomsel telah memperbaiki layanan akses telekomunikasi di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang sempat terganggu dan berdampak pada penurunan kualitas jaringan fourth-generation technology (4G) selama dua hari.

"Telkomsel bersama Telkom Group telah melakukan percepatan pemulihan dan kini akses layanan internet di jaringan 4G telah dapat diakses dengan normal kembali," kata Manager Network Service Telkomsel Ambon, I Wayan Widastra di Ambon, Sabtu.

Laporan gangguan jaringan internet Telkomsel di Kecamatan Leihitu terjadi pada 20 Oktober 2021. Hal itu menyebabkan akses internet yang sebelumnya 4G hanya mampu menangkap sinyal 2G atau Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE).

Sebagai satu-satunya layanan provider telepon selular di wilayah itu, gangguan jaringan internet Telkomsel sempat mengakibatkan aktivitas warga di sana juga ikut terganggu, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan secara daring.

Seorang mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang tinggal di Kecamatan Leihitu dan harus menjalani proses perkuliahan dari dari rumah karena pandemi COVID-19, bahkan sempat mengeluh di akun media sosialnya terkait kesulitan membuka aplikasi zoom untuk mendapatkan materi kuliah dari dosennya, karena ketidakstabilan jaringan internet 4G Telkomsel.

I Wayan Widastra mengatakan penurunan kualitas akses internet pada jaringan 4G di Kecamatan Leihitu terjadi sehubungan dengan adanya perbaikan perangkat telekomunikasi Telkomsel yang berada di wilayah itu pada Rabu, 20 Oktober 2021, pukul 21.10 WIT hingga Kamis, 21 Oktober 2021, pukul 5.00 WIT.

Saat ini akses layanan internet untuk jaringan 4G di Leihitu telah kembali normal dan bisa diakses seperti biasanya oleh pelanggan mereka. Telkomsel, kata dia, meminta maaf karena ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan mereka akibat gangguan jaringan yang terjadi.

"Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan di wilayah Kecamatan Leihitu dan sekitarnya. Apresiasi kami sampaikan kepada pelanggan atas kesetiaannya untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," ujar I Wayan Widastra.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021