Tiga kafilah asal Maluku Utara (Malut) mampu bersaing di ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional XXVI  pada 2021 di Sofifi berdasarkan keputusan dewan hakim.

"Khafilah Izzah Qurrata’ain mendapatkan bonus penghargaan senilai Rp 50 juta, Yandry F. Daulay dan Aida Ainun Balqis serta Enri Ahmad Paturusi mendapakan bonus Rp 10 juta. Para kafilah juga mendapatkan bantuan beasiswa prestasi dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)," kata Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba usai menyerahkan bantuan ke khafilah berprestasi, Sabtu.

Tiga kafilah Malut meraih terbaik ketiga dan harapan. Ini sesuai dengan keputusan Ketua Dewan Hakim Prof Said Agil Husin Almunawar,

Atas prestasi yang telah diperoleh, Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba menyerahkan bonus kepada tiga kafilah Malut tersebut atas prestasi yang diraih di STQN XXVI. Bonus yang diberikan tersebut diserahkan langsung Gubernur Malut dan disaksikan Wamenag RI,  H. Zainut Tauhid.  

Bonus pembinaan dan penghargaan yang diberikan Gubenur Malut  kepada pembaca Al-Quran dan hafal Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia. 

"Saya mengucapkan terima atas segala syukur nikmat yang diberikan Allah SWT, karena para kafilah Malut telah berjuang dan berhasil meraih juara terbaik ketiga dan harapan," katanya. 

Pencapaian prestasi tersebut harus ditingkatkan kembali. Bonus yang diberikan merupakan bentuk penyemangat dan memberikan motivasi, sehingga bisa dimanfaatkan agar menorehkan prestasi terbaiknya di masa mendatang untuk Malut.

Kafilah Malut, Izzah Qurrata'ain meraih juara 3 golongan Hifzhil 1 Juz dan Tilawah. Izzah merupakan peserta satu-satunya asal Malut yang sukses melangkah ke babak final, dan harus puas berada di peringkat 3 dengan 96.92 poin, kalah dari Rahmi Azkiya Alfarisi asal Kepulauan Riau di peringkat 2 dengan 97.67 point dan Mufidhatul Husna asal Kalimantan Selatan dengan 97.92 yang meraih terbaik pertama.

Kafilah lainnya, Yandry F. Daulay sebagai Hafizh Harapan 3 pada Golongan Hifzil 20 Juz, Aida Ainun Balqis sebagai Hafizhah Harapan 3 pada Golongan Hifzil 20 Juz, serta Enri Ahmad Paturusi sebagai Harapan 1 pada Golongan Hifzil 30 Juz.

STQ Nasional ke – XXVI di Kota Sofifi itu ditutup Wamenag RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa'adi, Jumat (22/10) malam.


Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021