Polri melalui Dewan Direksi International Association of Women Police (IAWP) untuk menjadi tuan rumah Konferensi IAWP 2020 memberikan kesempatan bagi enam Polwan Polda Maluku Utara (Malut) berpartisipasi melalui konferensi itu di Labuan Bajo. 

"Dalam keikutsertaan konferensi IAWP ini, Polda Malut mengirimkan enam personel Polwan, yaitu AKP Rosita Abd Rahman, Ipda Masqun Abdukish,  Ipda Desi Roslina A. Azis, Ipda Mega Nanda Windita, , Ipda Nurmala Ismail, dan Bripda Siti Novijah Sannila Tuwo," kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan di Ternate, Kamis.

Menurut dia, momentum ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia karena dianggap sebagai negara tuan rumah pertama di Asia sejak berdirinya asosiasi ini pada 1915. 

Konferensi ini awalnya direncanakan  di Yogyakarta pada September 2020. Namun, ditunda  hingga 6 hingga 11 November 2021 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur(NTT). Pemilihan Labuan Bajo sebagai venue konferensi untuk mendukung program 10 Bali baru,  di mana Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas (DPSP) Labuan Bajo. 

Ada pun tema yang diangkat dalam konferensi IAWP 2021 adalah “Women at the center stage of policing” dengan lima sub-thema dan terkait hal tersebut menjelaskan bahwa dalam kegiatan Konferensi IAWP ini diikuti 691 peserta Online dan Offline

"The 58th International Association of Women Police dibuka secara resmi oleh Kapolri, Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo,pada   7 November 2021, yang dihadiri 691 Peserta  terdiri dari 245 peserta offline dan 446 peserta online dari 38 negara seperti Asia, Australia, Eropa, Amerika, Afrika dan Timur Tengah serta 8 organisasi internasional seperti INTERPOL, ASEANAPOL, GCCPOL, UNODC, ICRC, UN Women, UNDPO dan JCLEC," katanya.

Kabid menjelaskan bahwa ada beberapa program tradisi selama konferensi IWAP, diantaranya Parade of Nations, Upacara pembukaan, Heritage and Annual Award Recognition 2020/2021, Upacara Penutupan, dan Tur Taman Nasional Komodo ke: Pantai Pink, Pulau Padar dan Komodo Pulau.

Program tersebut ada program terpenting dari konferensi ini, yaitu adalah Training Sessions, dimana terdapat 6 keynote yang meliputi Mendagri, Under-Secretary-General for Peace Operations dan empat  diantaranya adalah inspiring female leader dari tanah air seperti Menkeu, Menlu, Wamenparekraf dan Wakapolda Kalimantan Tengah. 

Selain itu juga terdapat 65 pembicara yang akan berbagi keahlian, pengetahuan, pengalaman dan best practice untuk meningkatkan dan mencerahkan" jelasnya

"Dengan adanya perwakilan Polwan Polda Malut yang turut serta dalam kegiatan tersebut diharapkan sekembalinya ke Polda Malut mereka dapat memberikan pengetahuan, keahlian dan pengalaman selama mengikuti kegiatan, khususnya pengalaman dari berbagai aparat penegah Hukum dari seluruh dunia," kata Kabid Humas.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021