Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara  (Malut) mencatat pertumbuhan ekonomi selama tahun 2021 berdasarkan kuartal pertama sampai dengan kuartal ketiga selalu berada pada posisi tiga besar di Indonesia.

"BI tentunya telah menjalankan fungsi advisory bagi pemerintah daerah, baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah maupun pengendalian inflasi di daerah," kata Deputi Kepala Perwakilan, Hario Kartiko Pamungkas di Ternate, Rabu.

Dia menyatakan, untuk inflasi Malut tercatat rendah dan stabil sepanjang 2021. Hal ini tidak lepas dari koordinasi yang baik dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Seluruh Malut.

Selain itu telah terdapat Kerja sama Antar Daerah (KAD) antara Provinsi Malut dengan Provinsi Jawa Timur, serta Provinsi Malut dengan Provinsi Sulawesi Utara dan kerjasama ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi khususnya dalam memastikan ketersediaan pasokan komoditas volatile food antara lain ikan dan ayam.

Begitu pun , terdapat beberapa pencapaian penting yang diraih pada , di mana untuk pertumbuhan jumlah merchant pengguna QRIS di Malut telah mencapai angka 198 persen.

Tercatat angka tersebut merupakan jumlah pertumbuhan tertinggi dalam program QRIS 12 Juta Merchant secara nasional. TPID Provinsi Malut berhasil masuk sebagai nominasi TPID terbaik se-Sulampua (Sulawesi, Maluku dan Papua). Bank Indonesia juga berhasil meningkatkan produktivitas UMKM binaan klaster ketahanan pangan, serta berhasil meningkatkan jumlah UMKM mitra sebanyak 8 UMKM. Selain itu, BI juga senantiasa mendorong digitalisasi UMKM antara lain melalui event Torang Go Digital dan Pesona Kie Raha.

Selama 2021, Bank Indonesia terus mengembangkan UMKM di Provinsi Maluku Utara dengan melakukan berbagai pelatihan maupun expo seperti Festival Ekonomi Syariah (Feksyar), Karya Kreatif Indonesia (KKI), dan event nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI). Kami juga memberikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan total sebesar 4,6 Miliar Rupiah di tahun 2021 dari mulai Beasiswa, Kepedulian Sosial, sampai Pengembangan UMKM di Provinsi Malut.

Di mana, pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) kembali digelar serentak secara nasional pada 24 November 2021. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan tersebut secara hybrid di Aula Royal’s Resto and Function Hall yang dihadiri oleh seluruh stakeholders seperti pemerintah, perbankan, mitra kerja, media, serta tamu undangan yang lainnya.

Selain menjadi ajang silaturahmi dengan stakeholders, PTBI pada 2021 kembali dilaksanakan sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Bank Indonesia.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021