Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan, memerintahkan aparat intelijen untuk mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin terjadi saat menjelang perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022, agar bisa dilakukan pencegahan dini.

"Dihadapkan dengan momen peringatan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, intelijen harus benar-benar cermat dalam mengamati dinamika sosial yang terjadi," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf CDB Andries dalam Rapat Evaluasi Bidang Intelijen Semester II Tahun Anggaran 2021, Senin.

Rapat Evaluasi Bidang Intelijen Semester II Tahun Anggaran 2021 dibuka oleh Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf CDB Andries di Ruang Yudha III markas kodam setempat, berlangsung secara hybrid dan diikuti oleh para pejabat Intel jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pangdam mengatakan guna mencegah terjadinya peristiwa dan hal-hal yang tidak diinginkan menjelang perayaan Natal dan tahun baru, para anggota intelijen harus meningkatkan kemampuan deteksi dini, cegah dini, cepat menemukan persolan yang sedang terjadi dan segera melaporkannya.

Baca juga: Pangdam Pattimura perintahkan jajaran gencarkan vaksinasi COVID-19, intensifkan kinerja

Setiap peristiwa atau perubahan yang terjadi dalam masyarakat harus diantisipasi, agar bisa mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin saja terjadi, dan melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan secara tepat.

"Tingkatkan kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala-gejala yang sedang terjadi agar mampu mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin timbul," ucap Pangdam.

Lebih lanjut ia mengatakan rapat evaluasi merupakan forum penting untuk mengulas dan menganalisis kembali program kerja dan anggaran di bidang intelijen yang telah dilaksanakan pada 2021, dan juga untuk membahas permasalahan maupun kendala yang masih ditemukan selama proses kerja di lapangan, sehingga bisa diperbaiki dan disempurnakan.

Selain itu, juga untuk menyamakan visi dan persepsi, pemikiran dan tindakan bagi seluruh pejabat intelijen di lingkungan Kodam XVI/Pattimura, karena tugas mereka untuk pengamanan, penggalangan dan pengumpulan informasi, serta penyelidikan.

"Sasarannya mewujudkan kesamaan visi dan persepsi, pemikiran dan tindakan bagi seluruh pejabat intelijen di lingkungan Kodam XVI/Pattimura, mengingat tugas pengamanan dan penggalangan serta penyelidikan, khususnya kegiatan pengamanan tubuh, sangat penting untuk menghindari kerugian personel maupun materil," ucap Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Baca juga: Anggota DPD - RI bahas geostrategi Maluku dengan Pangdam Pattimura, begini penjelasannya
Baca juga: Pangdam Pattimura: Contohi keteladanan Nabi Muhammad SAW, ajakan inspiratif

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021