Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Raja Arthur L. Simamora memimpin apel kesiapan pergeseran pasukan keamanan gabungan yang terdiri dari satu SST Brimob dan satu SST BKO Pam Rahwan TNI Arhanud ke Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

"Apel kesiapan pergeseran pasukan gabungan ini berlangsung di dermaga speedboat Dusun Momoking, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon,  Kabupaten Maluku Tengah," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau - Pulau Lease,  Iptu I. Leatemia di Ambon, Rabu.

Dua SST pasukan gabungan Polri dan TNI diberangkatkan ke Pulau Haruku dalam rangka penanganan kasus kontigensi antara warga Ori dan Kariuw yang terlibat konflik.

Baca juga: Satu anggota Polsek Haruku dievakuasi ke RS Bhayangkara Ambon, usut oknum penembaknya

Selain Kapolresta, hadir juga Dansat Brimob Polda Maluku, Dandim 1504/Pulau Ambon, Danyon BKO Pam Rahwan Arhanud, Kasat Intelkam Polresta Pulau Ambon, Kapolsek serta Danramil Salahutu.

"Kapolresta bersama Dandim dan pejabat lainnya telah berangkat bersama pasukan gabungan ke Pulau Haruku dengan menggunakan dua unit kapal Polairud Polda Maluku serta dua unit speedboat," ujar Leatemia.

Sejauh ini belum ada laporan resmi dari aparat kepolisian terkait pemicu bentrokan antara warga dua desa bertetangga tersebut.

Namun insiden ini mengakibatkan sejumlah rumah penduduk di Desa Kariu terbakar. Seorang warga Kariu mengalami luka bacok sejak Selasa, (25/1) dan satu anggota Polsek Pulau Haruku terluka akibat terkena tembakan orang tidak dikenal.

Baca juga: Bentrok di Haruku, Kapolda Maluku minta warga menahan diri
Baca juga: TNI-Polri patroli gabungan di Ambon antisipasi konflik Haruku meluas
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022