Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) telah membangun berbagai fasilitas olahraga menyusul ditetapkannya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Malut ke- 10  pada Mei 2022 .

"Saya telah menginstruksikan kepada panitia lokal maupun provinsi agar dapat bekerja sama menyiapkan segala sarana dan prasarana kegiatan menyambut event Popda ini," kata Wakil Bupati Halteng, Abd Rahim Odeyani saat membuka rapat pemantapan Popda tingkat Provinsi Malut ke-X, Sabtu.

Dia menyatakan, panitia lokal tentunya harus duduk bersama Dispora Provinsi Malut guna membicarakan berbagai kesiapan pelaksanaan ajang tingkat provinsi tersebut.

Selain persiapan pelaksanaan, Pemkab Halteng  juga harus mengutamakan kenyamanan dan keamanan para kontingen yang akan datang ke kota Weda.

"Sebagai tuan rumah kami akan menyiapkan segala yang terbaik untuk kegiatan Popda ini, yang dapat membanggakan Malut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Malut, Ansar Daaly dihubungi terpisah menyatakan, pelaksanaan Popda direncanakan berjalan pada tanggal 21 hingga 27 Mei 2022, dengan sembilan cabang olahraga.

Selain itu, Dispora Malut menyerahkan SK Gubernur Malut terkait penetapan kabupaten Halteng sebagai tuan rumah Popda tahun 2022 dan sekaligus mengikuti paparan pemantapan pelaksanaan Popda.

Sementara itu, sebelumnya, Kota Ternate bertindak sebagai tuan rumah pada event Popda ke - 9 pada tahun 2018, keluar sebagai juara umum dengan meraih 27 medali emas, 17 perak dan 15 perunggu, disusul Kota Tidore Kepulauan dengan 19 emas, 13 perak dan 12 perunggu.

Di tempat ketiga diraih Kabupaten Halmahera Utara dengan 14 medali emas, 10 perak dan 14 perunggu disusul Kabupaten Halmahera Barat dengan 13 medali emas, 13 medali perak dan 19 medali perunggu serta peringkat juru kunci diraih Kabupaten Pulau Taliabu dengan 1 medali perak dan 4 medali perunggu.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022