Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak seluruh kader dan simpatisan partai tersebut di provinsi Maluku untuk merapatkan barisan, memperkuat konsolidasi dan rekonsiliasi untuk memenangkan Pemilu tahun 2024.

"Mari berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak di tahun 2024," kata AHY saat membuka Musyawarah cabang (Muscab) serentak 11 Dewan Pimpinan Cabang (DPC), secara virtual, Selasa.

Muscab yang berlangsung di Ambon dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat itu, menurut AHY, menjadi momentum penting bagi untuk menata kembali otot-otot politik guna mengembalikan kejayaan Partai Demokrat ke depan.

Keberadaan DPC, ujarnya, menjadi salah satu jangkar kekuatan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan perannya. 

Karena itu muscab Partai Demokrat itu dianggap penting untuk mengkonsolidasikan kekuatan organisasi, membangun solidaritas dan kekuatan struktur partai menuju kejayaan di masa depan.

Dia mengingatkan para pimpinan Anak cabang agar menggunakan hak suaranya di muscab tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Berdasarkan AD/ART tahun 2020, Ketua DPC akan dipilih dan ditetapkan melalui prosedur uji kelayakan dan kepatutan terhadap Ketua DPC ditangani langsung oleh Tim Lima yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjen Kepala BPOKK serta Ketua dan Sekretaris DPD masing-masing provinsi.

"Kita akan memilih yang terbaik untuk masing-masing DPC. Dinamika dan riak-riak menjelang Muscab adalah biasa sebagai tanda demokrasi dan kebebasan berpendapat hidup di partai kita, tetapi begitu Ketua DPC baru terpilih, segera rapatkan barisan, rangkul semua elemen agar terlibat dalam gerak roda pemenangan secara selaras, insya Allah hasil tidak akan menghianati perjuangan kita," ujar AHY.

Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Elwen Roy Pattiasina mengatakan, muscab serentak yang akan berlangsung hingga 23 Februari itu, bukan menjadi ajang perebut kekuasaan, namun sebagai langkah mengokohkan kekuatan dalam menghadapi Pemilu 2024. 

Kader Partai agar mengedapankan karakter santun, bersih dan cerdas dalam segala aspek apapun.

Elwen Roy yang juga anggota DPRD Provinsi Maluku itu berharap seluruh mesin partai berjalan dengan baik dari tingkat DPD hingga anak ranting, serta menyatukan langkah untuk menyapa dan membantu rakyat, sehingga partai mendapat simpati dan dicintai rakyat.

Baca juga: Pertemuan AHY-Ridwan Kamil di Bandung, benarkah tak terkait Pilpres 2024?

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022