Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun mengapresiasi langkah dan kreativitas Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kei Kecil dan Kota Tual yang membangun perkebunan di Desa (Ohoi) Dian Darat Kecamatan Manyeuw Maluku Tenggara.

Siaran pers yang diterima Antara, Kamis, Bupati Thaher secara resmi membuka pemanfaatan lahan kebun AMGPM tersebut dengan melakukan penanaman awal bibit tanaman, Rabu (20/04/2022).

"Saya bangga dan sangat berbahagia atas inovasi dan kreatifitas yang ditunjukkan melalui pembangunan Kebun AMGPM ini," kata Thaher.

Ini juga menunjukkan adanya kepedulian dari pihak pemuda Gereja, yang sangat peka melihat dinamika dan isu-isu sosial dewasa ini, dan apat dimaknai pula sebagai implementasi pelayanan pemuda, yang mencerminkan nilai, serta iman pemuda yang hadir melayani, menjadi garam dan terang, jelas Thaher.

Baca juga: Pemkab Maluku Tenggara salurkan BLT minyak goreng pada 7.230 KPM, begini penjelasannya

Menurutnya, keberadaan organisasi kemasyarakatan, maupun organisasi kepemudaan sudah selayaknya memberikan perhatian pada masalah-masalah sosial di dalam masyarakat yang semakin kompleks.

Salah satunya yakni upaya memenuhi dan menguatkan ketahanan pangan masyarakat.

Maka, pengembangan kebun AMGPM ini, harus diapresiasi, ide dan gagasan pemberdayaan masyarakat, melalui potensi sumber daya lokal harus didorong dan diperluas, menjadi gerakan masyarakat di seluruh Malra, tandas Thaher.

Hal penting yang perlu dilakukan adalah mengubah pola pikir atau mindset dan etos kerja masyarakat, untuk menjadi lebih produktif, kreatif dan inovatif, dimana AMGPM sudah mampu membangun pola pikir pemuda.

Kemudian, poin penting adalah kita punya alam, tanah, bumi dan laut yang sangat kaya, kita tidak berkekurangan, tinggal bagaimana kita mampu mengaktualisasikan semua potensi yang ada, untuk menjadi sumber kekuatan kita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sekaligus sebagai penggerak ekonomi dan pendapatan masyarakat, pungkas Thaher.

Baca juga: Bupati Malra ingatkan tidak ada "Pungli" di setiap instansi pemerintah
Baca juga: Bupati Malra Prakasai Rakor Pembangunan Daerah Bersama Bappenas RI

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022