Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menyatakan arus mudik di Kota Ambon hingga H-2 Lebaran masih relatif kondusif dan aman.

Hal itu disampaikan Kapolda saat meninjau langsung kesiapan personil di sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Ambon, Sabtu.

Selain memantau kesiapan personel pengamanan yang tergabung dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Angkasa Pura, Basarnas dan lainnya di setiap pos yang dikunjungi, Kapolda juga memberikan bantuan berupa paket sembako. 

Pada kunjungan pertama, Kapolda mendatangi pos PAM Jembatan merah putih, kawasan Poka, Teluk Ambon. Ia melihat kesiapan personil dalam pengamanan lebaran termasuk malam takbiran nanti. 

Kemudian Kapolda dan rombongan kembali bergerak meninjau kesiapan Pos PAM Bandara Pattimura Ambon. Mereka kemudian bersama meninjau arus mudik di Bandara Pattimura Ambon. 

"Hari ini kita bersama Lanud Pattimura dan Angkasa Pura bersama-sama melakukan pengecekan dan pelayanan masyarakat yang udik tahun 2002 ini," kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Menurut dia, sejauh ini pelaksanaan kegiatan berjalan aman kondusif dan lancar, juga tidak ditemukan hal-hal yang menonjol. 

"Informasi dari pengelola dan dari Lanud juga saya lihat seluruh personil dilibatkan dalam pengamanan khususnya di bandara ini," katanya. 

Kapolda mengaku terus mengimbau masyarakat untuk bisa melaksanakan kegiatan mudik dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku. 

"Kami terus menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, menjaga jarak dan sebagainya dan ketentuan persyaratan-persyaratan yang lain," pintanya. 

Kapolda menyebutkan laporan dari Danlanud Pattimura bahwa pihaknya juga menyiapkan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mengikutinya baik vaksin dosis satu, dua dan booster. 

"Jadi masyarakat yang belum vaksin bisa memanfaatkan, ini hal yang positif dan baik, terus kami berharap pelayanan ini dipertahankan bahkan ditingkatkan," ucapnya.

Kapolda juga melihat pos pengamanan dan pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Waai. Ia juga melihat kondisi KMP Inelika yang akan menyeberang ke Waipirit. 

Selain itu, ia juga memantau situasi arus mudik di Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu. Ia juga sempat mengecek kondisi Kapal Cepat Express Priscillia 99 yang akan berangkat ke Amahai.

"Intinya kami ingin masyarakat terlayani dengan baik, sehingga mereka dapat melaksanakan mudik dengan aman dan sehat," harapnya.

Baca juga: Polda Malut buka layanan vaksinasi untuk pemudik Lebaran
Baca juga: Kapolda Maluku tinjau pos pelayanan mudik pelabuhan Hunimua

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022