Pimpinan Kodam XVI/Pattimura memastikan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk kategori menyantap papeda atau makanan khas masyarakat Maluku, terbanyak dan terpanjang pada 22 Mei 2022.

"Setelah sempat ditunda maka acara pemecahan rekor MURI bertajuk 'Papeda Merah Putih' akan digelar pada Minggu (22/5)," kata Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura Kolonel ARH Adi Prayogo, di Ambon, Jumat.

Menurutnya, pemecahan rekor MURI makan papeda dalam rangka memeriahkan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura sebelumnya akan digelar di atas Jembatan Merah Putih (JMP) yang membenang atas teluk Ambon pada 16 Mei 2022.

Namun rencana tersebut ditunda untuk sementara waktu dikarenakan suasana keduakaan atas meninggalnya Kepala Staf Kodam (Kasdam) Brigjen TNI Stepanus Mahury meninggal dunia pada Sabtu (14/5).

Khusus untuk kategori makan papeda terbanyak akan diikuti 12 ribu prajurit dan keluarga Kodam XVI/Pattimura yang wilayah kerjanya meliputi dua provinsi yakni Maluku dan Maluku Utara (malut) dan dilakukan secara hybrid.

Baca juga: Masih berkabung Kasdam wafat, Kodam Pattimura tunda pemecahan rekor MURI makan papeda

Dia memastikan dua rekor MURI akan dipecahkan pada kegiatan bertajuk "Papeda Merah-Putih" itu yaitu untuk kategori menyantap papeda terbanyak, serta papeda bungkus terpanjang yakni sepanjang 123 meter yang ditata pada bentangan tengah JMP.

Papeda adalah makanan khas masyarakat Maluku yang terbuat dari pati sagu yang diseduh air panas, sedangkan papeda bungkus adalah papeda yang telah dingin dan dibungkus dengan daun pisang.

Kapendam memastikan seluruh persiapan pemecahan rekor menyantap papeda terbanyak secara hybrid itu, tengah dirampungkan termasuk rencana penutupan sementara ruas jalan yang melewati JMP.

"Untuk pelaksanaan pemecahan rekor 'Pepeda Merah-Putih' di JMP akan dilakukan penutupan jalan mulai dari pukul 05.00 WIT hingga 08.00 WIT," ujarnya.

Acara yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon itu, juga akan dimeriahkan dengan senam Zumba massal serta hiburan lainnya.

Baca juga: Kodam Pattimura akan pecahkan rekor MURI makan papeda terbanyak, membentang di Jembatan Merah Putih

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022