Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan, mengapresiasi Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun atas dukungannya untuk dapat mewujudkan transportasi yang baik di daerah terluar Provinsi Maluku tersebut.

"Kami sampaikan terimakasih kepada Bupati karena sangat mendukung semua kegiatan-kegiatan di bidang transportasi khususnya konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di Malra, sehingga dapat bersama-sama kita tingkatkan ke depan," kata Hengki saat meresmikan mercusuar ataupun lampu pelabuhan laut setinggi 20 meter di Pelabuhan Elat Kecamatan Kei Besar, Kamis. 

Hengki menyebut, Menteri Perhubungan telah menegaskan hal-hal yang terkait dengan keslamatan dan keamanan pelayaran menjadi prioritas pokok yang harus dilaksanakan. Sehingga untuk dapat berjalan dengan baik butuh sinergi dengan pemerintah daerah, dan di Kabupaten Malra hal itu sudah bisa dilihat dengan jelas.

"Indonesia sebagai negara maritim menjadikan transportasi laut menjadi faktor terbesar penggerak nasib kehidupan bangsa termasuk perekonomian," katanya.

Baca juga: Bupati Malra: Pantai Uf Dipersiapkan Sambut Yacht Dari Luar Negeri

Pelabuhan Elat saat ini dapat menampung kapal dengan berbagai ukuran dapat mendorong kemajuan perekonomian khususnya di Malra, sehingga sangat tepat bila sarana bantuan navigasi perlu dipenuhi untuk menunjang keselamatan pelayaran kapal-kapal yang akan masuk dan keluar pelabuhan ini.

Kemudian, saat ini tingkat muatan balik tol laut, termasuk dari pelabuhan ini sudah sangat meningkat, maka ini menjadi prioritas ke depan.

"Dan sehubungan dengan fisik pelabuhan, akan kami tindak lanjuti guna kelancaran transportasi, konektivitas, perputaran ekonomi maupun menunjang sektor pariwisata di daerah ini, lebih khusus di Kei Besar dengan potensinya yang besar pula," ujar Hengki.

Bupati Malra, M Thaher Hanubun dikesempatan yang sama menyampaikan, Elat adalah kecamatan ke dua dalam pembentukan Kabupaten Malra, namun selama ini tertinggal dalam hal sarana prasarana perhubungan maupun konektivitas.

Namun, saat ini kita sudah berusaha menjawabnya, kami berjuang untuk Kei Besar, hari ini sesuatu yang luar bisa lagi kita resmikan bersama guna menunjang kelancaran akses transportasi khususnya di pelabuhan Elat dengan adanya mercusuar. 

"Kita kembangkan lagi pelabuhan ini kedepan, karena pusat ekonomi di Kei Besar ada di Elat yang pertumbuhannya di dukung oleh pelabuhan ini," cetus Thaher.

Oleh karena itu, Tegas Thaher, dukungan akan kami terus berikan untuk siapapun yang ingin bersama-sama membangun daerah ini, dari sisi Pemerintahan, salah satunya yaitu menyediakan ataupun membebaskan lahan untuk kelancaran proses pembangunan di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Distrik Navigasi Kelas III Tual, Tommy Sipahelut menjelaskan, pelabuhan Elat masuk dalam wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas Ill Tual.

Baca juga: Idul Adha di Malra, Bupati Thaher: Momentum Kuatkan Iman dan Rasa Kebersamaan

Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) merupakan peralatan atau sistim yang berada di luar kapal yang didesain dan dioperasikan untuk meningkatkan keslamatan dan efisiensi bernavigasi Kapal atau lalu lintas kapal. 

Peresmian lampu pelabuhan Elat yang merupakan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), maka Distrik Navigasi Kelas III Tual telah menambah beberapa fasilitas SBNP ditahun 2021-2022.

Terkait teknis, Ia merinci, jenis pekerjaannya yakni penggantian lampu pelabuhan 10 meter darat konstruksi fiber menjadi 20 meter darat konstruksi beton, kemudian sarana yakni Rambu Suar (RAMSU) pengarah tinggi menara 20 meter, warna cahaya putih dan mempunyai jarak tampak 10 (sepuluh) mil laut.

Dikatakan, selain berfungsi bagi pelayanan keselamatan bagi kapal-kapal pada alur pelayaran keluar masuk pelabuhan Elat, jasa kenavigasian pada pelabuhan Elat telah memberikan sumbangsih pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melebihi target yang ditentukan. 

"Kita semua sangat berharap, dengan meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, maka akan tercipta suatu kelancaran proses distribusi dan logistik manusia dan barang yang akan berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi dan ekosisitim investasi yang baik di Malra." pungkas Tommy.

Baca juga: Bupati Malra Optimis Turunkan Angka Stunting Sesuai Target Nasional 2022

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022