Panitia Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Bidang Pameran Sail Tidore mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendaftarkan diri dalam rangka berpartisipasi memeriahkan ajang nasional Sail Tidore yang akan berlangsung pada 27 Oktober - 17 November 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara, Wa Zaharia, S.STP di Ternate, Kamis, menyatakan, Panitia Sail Tidore bidang pameran bersama pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan Pemprov Malut telah berkomitmen meriahkan Sail Tidore dengan menggandeng UMKM untuk berpartisipasi.

"Pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara online oleh masing-masing pelaku usaha melalui link yang telah dibuat oleh panitia lokal dan dalam pendataan ini sudah pasti mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, hal itu karena ini merupakan kegiatan yang berskala nasional maka pameran produk UMKM akan diseleksi untuk masuk dialokasi Sail Tidore, tepatnya di pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan," kata Wa Zaharia.

Baca juga: Kemenko Marves koordinasikan kesiapan Sail Tidore 2022, begini penjelasannya

Selain itu, ujar dia, saat penutupan pendaftaran baru akan disebutkan pihak yang lolos dan berhak untuk menempati stan yang telah disediakan. Ada sebanyak 100 unit stan yang tersedia secara gratis untuk UMKM.

Menurut dia, pihaknya akan menyediakan dua titik bagi UMKM di kawasan pantai Tugulufa yang akan ditempati stan pameran lokal.

Selain stan, pemerintah Kota Tidore melalui Disperindag dan UKM juga akan menyediakan tempat terpisah untuk pedagang kali lima yang ingin berjualan berdekatan dengan lokasi Sali Tidore.

Oleh karena itu, dia mengutarakan harapannya agar melalui kegiatan ini semua pelaku UMKM yang ada di kabupaten kota dapat mengambil kesempatan untuk memamerkan produk hasil olahan mereka ke pameran Sail Tidore, apalagi ajang tersebut level internasional.

Baca juga: Menjual ragam wisata Maluku Utara lewat Sail Tidore 2022

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022