Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran harus diaktualisasikan oleh aparatur sipil negara (ASN) dalam kinerja pelayanan kepada masyarakat.

"Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korpri Nasional 2022 bukan hanya sekadar perlombaan, tapi nilai dalam Al Quran yang dibaca itu harus diaktualisasikan dalam kerja sehari-hari," kata Mendagri Tito Karnavian saat membuka MTQ VI Korpri Nasional.2022 di Padang, Senin malam.

Ia mengatakan nilai-nilai dalam Al Quran telah mencakup semua hal yang wajib dipedomani oleh umat Islam. Sebagai ASN, penerapan nilai Al Quran itu harusnya bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Mendagri: 10 solusi pengendalian inflasi

Karena itu MTQ tersebut menjadi penting dan merupakan kegiatan yang diprogramkan oleh lembaga negara. Ini menunjukkan negara mengakomodir dan melindungi siar agama Islam.

"Kita bisa maju kalau pemerintah bersih dan jelas. Hal itu bisa terjadi kalau sistem baik sarana dan prasarana yang baik dan diawaki SDM yang baik,"ungkapnya.

SDM yang baik, terang Tito, wajib yang terdidik dan terlatih. Harus memiliki intelektual dan emosi yang baik, mampu berkomunikasi dengan berbagai kalangan.

Baca juga: Mendagri: Pemda jangan anggap enteng isu inflasi

"Memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Dengan mengingat Tuhan, maka kita mendapatkan rem dalam kehidupan. Baik pribadi maupun anggota Korpri," harapnya.

Presiden RI Joko Widodo, kata Tito, telah mencanangkan revolusi mental menuju ke arah yang lebih baik, yang tidak koruptif. Yang kurang profesional jadi profesional. "Ini harus dimulai dari kelompok yang terorganisir yaitu ASN, TNI dan Polri," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendagri: Aktualisasikan nilai Al Quran dalam kinerja ASN

Pewarta: Miko Elfisha

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022