Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku Sandi Wattimena berharap Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Maluku Tahun 2022 bisa melahirkan atlet berbakat yang bisa mengharumkan nama Maluku di tingkat nasional hingga internasional.

Hal ini disampaikan saat Kadispora Maluku membuka kegiatan Kejurprov Catur Maluku Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku di Meeting Room Hotel Lee Green Ambon.

"Kita punya sejarah besar yang membanggakan di bidang olahraga, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kita harap Kejurprov ini melahirkan atlet catur yang bisa kembali harumkan nama Maluku," kata Sandi Wattimena, di Ambon, Senin.

Baca juga: Magnus Carlsen terang-terangan tuding Hans Niemann main curang

Menurutnya, harus ada keseriusan dalam melakukan pembinaan intensif dan terintegrasi serta menciptakan ruang-ruang untuk turut berpartisipasi dalam berbagai event kejuaraan catur, baik di daerah, nasional, maupun internasional dengan harapan mencapai prestasi yang maksimal.

"Kerjurprov Catur Maluku Tahun 2022 dapat dijadikan sebagai momentum refleksi dan evaluasi untuk menyiapkan langkah strategis sebagai terobosan mengembalikan nama besar Maluku dalam kancah olahraga nasional maupun internasional," katanya.

Wattimena juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kejurprov Catur Maluku. Dispora Provinsi Maluku mendukung penuh kegiatan tersebut sebagai mencari bibit-bibit catur baik junior maupun senior menyambut Kejurnas dan Pra PON 2023.

Adanya kejuaraan tersebut, tentu sangat baik untuk menghasilkan catur yang berprestasi.

"Kita tetap mendorong kejuaraan daerah. Dari hasil ini nanti menyeleksi atlet yang terbaik yang nanti dikirim ke Kejurnas dan Pra PON," ujarnya.

Baca juga: Magnus Carlsen terang-terangan tuding Hans Niemann main curang

Sementara itu, Ketua Percasi Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae mengatakan, Kejurprov Catur ini merupakan agenda wajib bagi pengurus provinsi Percasi di seluruh daerah.

Sebab melalui kejuaraan provinsi itulah menjadi pintu masuk bagi atlet catur untuk naik level secara nasional, baik di Kejurnas, Pra PON maupun PON.

"Nah, tanggung jawab pengurus provinsi Percasi Maluku adalah membina dan melatih serta mempersiapkan atlet untuk diikutkan dalam setiap kejuaraan catur di Indonesia," kata Edwin.

Edwin menyebutkan, sebanyak 97 atlet dari perwakilan Percasi kabupaten/kota se Maluku yang ikut beradu dalam dua kategori yang dipertandingkan selama tiga hari, yakni kategori senior dan juga kategori junior.

"Hasil dari Kejuaraan Provinsi ini akan diikutkan dalam Kejurnas dan juga disiapkan untuk ikut Pra PON tahun 2023 mendatang," jelasnya.

Tak hanya untuk kejurnas dan Pra PON 2023 di Sumatera Utara (Sumut), Edwin juga berharap, dalam PON 2024 di Aceh nanti, Maluku bisa kirimkan lebih banyak atlet catur. Karena sebelumnya, Maluku hanya mengirimkan satu atlet saja dari cabang olahraga catur.

"Kita berharap PON 2024, kita harus kirim lebih dari satu. Kita harus biasakan mereka ikuti pertandingan, supaya kualitas dan kemampuan individu, kita tingkatkan agar saatnya lahir atlet catur Maluku yang siap dalam bertanding dan siap juara,” harap Edwin.

Baca juga: Magnus Carlsen seketika mundur karena lawan diduga curang dalam catur online

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022