Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV-2022 merupakan ajang untuk menggairahkan kembali iklim olahraga di Ibu Kota Provinsi Maluku itu.

"Keikutsertaan kontingen Kota Ambon di ajang Popmal IV diharapkan dapat menggairahkan lagi iklim ke olahraga yang di Kota Ambon ," kata Bodewin saat pelepasan kontingen Kota Ambon menuju Popmal IV di Ambon, Selasa (15/11).

Ia mengatakan, atlet kota Ambon diharapkan dapat memberikan warna prestasi olahraga, melalui kontribusi atlet pelatih dan wasit secara signifikan pada level Maluku, nasional maupun internasional.

Baca juga: Kota Ambon targetkan juara umum Popmal IV, begini penjelasannya

"Tugas kita baik pemerintah, atlet maupun masyarakat adalah memberikan yang terbaik bagi kota ini," katanya.

Bodewin menyatakan, kemenangan yang diraih tidak berarti tanpa adanya persiapan yang baik, dan diawali dengan kegiatan seleksi atlet melalui kejuaraan tingkat Kota serta pemusatan pelatihan.

Kota Ambon lanjutnya, memiliki warisan prestasi yang  luar biasa yang ditorehkan atlet  handal baik masa lalu maupun waktu sekarang ini, seperti  Wim Gomies, Thomas bersaudara, Fira Betharia, Alvin Tehupiory dan lainnya.

"Kita memiliki slogan Ambon manise, maka tidak salah jika saat ini dengan jumlah atlet yang demikian banyaknya, maka dijuluki sebagai kota atlet," katanya.

Baca juga: Maluku Barat Daya berangkatkan 216 atlet ke POPMAL IV

Untuk Popmal KONI Kota Ambon mengirimkan 385 atlet dan ofisial dengan rincian 298 atlet di 17 cabang olahraga dan 87 orang ofisial.

Ratusan atlet yang dikirim tersebut akan bertanding pada 17 cabang olahraga, di antaranya atletik akan menurunkan 68 atlet yang akan mengikuti semua nomor lomba.

Cabang olahraga tinju akan diikuti 36 atlet, panahan 30 atlet, karate 24 atlet, renang diikuti 20 atlet, dan e-sport diikuti 18 atlet.

Baca juga: 141 Atlit Maluku Tenggara Siap Berlaga Di Ajang Popmal IV

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022