Satuan Tugas (Satgas) bencana Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Maluku menyalurkan bantuan kebutuhan logistik untuk korban gempa bumi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar/KKT dan Maluku Barat Daya/MBD  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku.

Bantuan Satgas Bencana BUMN Provinsi Maluku melibatkan beberapa BUMN seperti PT Telkom Indonesia, PT Jasa Raharja, PT Pelindo, PT Pertamina (Persero), PT BRI, PT Bank Mandiri, PT PNM dan PT Bulog dengan total bantuan sebesar Rp195,2 juta

"Satgas BUMN yang ada di provinsi Maluku berkolaborasi menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok, makanan bayi dan anak, peralatan tidur, mandi, dan medis, melalui BPBD Provinsi Maluku, untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di KKT dan MBD," kata Koordinator satgas BUMN Maluku, Muhammad Pane, di Ambon, Jumat.

Ia menyatakan, koordinasi dilakukan dengan satgas bencana Provinsi Maluku untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

"Seluruh bantuan satu pintu sebelum disalurkan ke BPBD, kita berharap bantuan yang diberikan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Sebelumnya penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Daniel Indey menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat pemerintah provinsi Maluku, BUMN dan LSM, yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat, melalui posko penanganan darurat bencana di Kodim 1507 Saumlaki.

Gempa bumi berkekuatan 7,5 di KKT dan MBD menimbulkan korban luka ringan dua orang, kerusakan rumah warga sebanyak 523 unit yang terbagi rusak ringan 147 rumah, rusak sedang 300 rumah dan rusak berat 49 rumah.

Fasilitas umum yakni rumah ibadah rusak ringan 10 dan rusak sedang lima, fasilitas pendidikan rusak ringan 36, rusak sedang dua, dan rusak berat empat, fasilitas kesehatan rusak ringan delapan, sedang satu unit dan rusak berat dua unit.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023