Guna membantu perekonomian dan ketahanan pangan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal IX) Ambon menebar 112.000 bibit udang vaname untuk dibudidayakan masyarakat pesisir di kota itu.

"Ini langkah terobosan strategis Lantamal IX dalam pemulihan ekonomi masyarakat pesisir di kota Ambon," ujar Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI MAR Said Latuconsina Opsla  dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Kegiatan menebar bibit benih udang vaname tersebut merupakan kerjasama Lantamal IX dengan CVNesta dalam rangka pembinaan Potensi Maritim di bidang ketahanan pangan dan pemberdayaan wilayah pertahanan.

Dia mengatakan sebanyak 112 ribu ekor udang vaname tersebut merupakan yang perdana dilakukan oleh Lantamal IX Ambon.

"Pada tahap perdana Lantamal IX melaksanakan tabur benih udang vaname sebanyak 112.000 ekor yang nantinya akan semakin bertambah jumlahnya," kata dia.

Udang vaname sendiri merupakan udang yang berasal dari daerah subtropis pantai barat Amerika, selain mempunyai karakteristik spesifik seperti mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah.
 
Udang Vaname juga memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan.
 
Lanlantamal IX Ambon bersama komisaris CV Nesta saat menebar bibit udang vaname di Ambon (Antara/DedyAzis)


Sementara itu Komisaris CV. Nesta Arif Citra Kusuma mengucapkan terima kasih kepada Danlantamal IX yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan budidaya udang vaname di Mako Lantamal IX.

"Kami akan memberikan kontribusi penuh atas budidaya udang vaname di Mako Lantamal IX ini,"  tegasnya.

Danlantamal berharap budidaya udang vaname tersebut dalam dikelola dengan baik sehingga pengolahannya pun dapat dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal IX, Pejabat Utama Lantamal IX, Kasatker Lantamal IX, Staf CV. Nesta, perwakilan Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon serta para Babinpotmar Lantamal IX.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023