Lokasi penjualan beras zakat musiman di Kota Ambon menjelang H-1 perayaan hari raya Idul fitri ramai pengunjung yang datang untuk berbelanja.

Pemantauan di lokasi penjualan yang ada di kawasan Soabali, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat, terlihat para penjual sibuk melayani para pembeli yang datang dan membeli dengan harga yang sudah dipatok Rp45.000/kantong plastik (2,5 Kg).

"Kami membeli beras tersebut untuk nantinya diberikan kepada saudara-saudara yang kurang mampu di saat perayaan hari raya Idul fitri ini sebagai kado yang menarik sekaligus ucapan selamat atas kemenangan selama sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan," kata Dullah warga Waihaong yang datang membeli lima kantong beras zakat.

Kegiatan pemberian beras zakat ini sudah dilakukan setiap tahun menjelang hari raya, dan pemberian ini  selain diberikan langsung kepada sanak saudara juga diserahkan ke masjid yang nantinya dibagikan sesuai dengan pendataan yang dilakukan petugas masjid.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Wati warga kelurahan Seilale, yang membeli enam kantong plastik beras zakat yang pada saatnya nanti akan dibagikan juga bagi mereka yang membutuhkan.

Caca Ati, penjual beras zakat yang dikonfirmasi mengatakan, saya sudah tiga hari berjualan beras zakat ini dan sejak hari pertama hingga pagi ini sudah terjual sebanyak 20 sak beras jenis Bulir Mas (24 Kg/sak beras Bulir Mas), jadi sudah cukup banyak yang terjual.

"Saya jual beras zakat ini dengan harga Rp45.000/kantong (2,5 Kg), ikuti harga beras yang cukup bagus juga, memang ada juga penjual yang mematok harga Rp40.000 hingga Rp43.000/katong tergantung jenis beras," ujarnya.

Namun tidak menjadi masalah, yang penting tergantung pembeli, jenis beras apa yang dia mau berkorban, karena itu saya jual beras yang kualitas bagus yakni Bulir Mas, sebab ini dijadikan pemberian zakat.

"Jadi setiap tahun saya jual beras zakat ini dengan jenis beras yang cukup baik, yang pasti beras premium," ujarnya.

Pemantauan di lokasi lain terlihat juga ada warga yang jual dalam satu kantong plastik ukuran tiga kilogram seharga Rp43.000.

Beras yang disediakan pun terdiri dari berbagai merek, dan rata-rata beras premium yang dijual di pasaran.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023