Ambon (Antara Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon telah menyiapkan konsep pengelolaan pasar ikan higienis di Pandan Kasturi, Kecamatan Sirimau.

"Kami telah menyiapkan konsep pengelolaan pasar higienis, menindaklanjuti proses penyerahan fasilitas tersebut dari pemerintah provinsi Maluku ke pemerintah kota Ambon," kata Kadis Kelautan dan Perikanan setempat, Piet Saimima, di Ambon, Senin.

Menurutnya, konsep tersebut akan disampaikan Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dalam waktu dekat.

"Konsep pengelolaan disiapkan DKP, selanjutnya ditandatangani Wali kota sebelum diserahkan kepada Gubernur," katanya.

Piet mengatakan, penyerahan aset Pemprov akan berdampak pada target peningkatan PAD DKP tahun anggaran 2012.

"Saya yakin dengan penyerahan aset pasar ikan ini dapat menambah PAD DKP Ambon yang ditargetkan pada 2012 sebesar Rp1,3 Milyar," ujarnya.

Diakuinya, PAD DKP Ambon dari retribusi hasil usaha pasar ikan higienis pada 2011 sebesar Rp115 juta.

"Pembagian hasil disesuaikan penandatanganan MoU berupa masing-masing 25 persen untuk Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku, sedangkan pihak pengelola sebesar 50 persen," kata Piet.

Sebelumnya Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, Pemerintah provinsi Maluku dalam waktu dekat akan menyerahkan dua aset ke Pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

"Dua aset pemprov Maluku yakni monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD) dan pasar higienis yang terletak di kecamatan Sirimau, akan diserahkan pemprov Maluku dalam waktu dekat," katanya.

Ia menjelaskan, GPD dan pasar higienis selama ini dikelola pemprov, tetapi lahan kedua aset tersebut merupakan milik Pemkot Ambon.

"Kami akan terima dua aset tersebut dan akan digunakan untuk kepentingan kesejahteraan dan peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD) Pemkot Ambon," katanya.

Richard menyatakann, bila dua aset tersebut telah diserahkan maka pihaknya akan membuat program pariwisata, guna mendorong dinamika ekonomi dan sektor pariwisata di Ambon.

"Kami akan membuat program pariwisata yakni pengembangan usaha kuliner di pasar higienis serta menjadikan GPD sebagai salah satu objek wisata andalan Ambon," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011