Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) mengapresiasi upaya perusahaan tambang beroperasi di kabupaten itu untuk berkontribusi membangun stadion sepak bola di kawasan lapangan Delek Waibulen.

Sekkab Halteng, Yanto M Asri dihubungi, Minggu mengatakan  sejak dulu masyarakat Lelilef Waibulen  mengidamkan lapangan sepak bola dan saat ini telah diwujudkan manajemen perusahaan tambang PT  Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) kembali memberikan kontribusinya terhadap pembangunan infrastruktur lapangan sepak bola.

Menurut dia, pembangunan stadion itu selama dua tahun proses pekerjaan Lapangan Cekel di Desa Lelilef Sawai.

"Jujur saya terharu dengan adanya lapangan ini. Dari dulu kami sudah cita-citakan, dari zaman saya masih pemuda, alhamdulillah sekarang tercapai," katanya.

Dia mengatakan, pembangunan lapangan oleh IWIP ini membantu masyarakat, sebab pembangunan ini tentu membutuhkan biaya yang tinggi.

Pengerjaan lapangan yang berlangsung selama 180 hari ini meliputi pembuatan lapangan seluas 7.000 meter persegi (100 meter x 70 meter), tribun berkapasitas kurang-lebih 500 orang, penerangan di setiap sisi lapangan, serta rabat beton yang mengelilingi lapangan. 

Peresmian Lapangan yang diberi nama Stadion Delek Waibulen itu dilakukan bersamaan dengan pembukaan turnamen IWIP Cup 4

Sementara itu, Vice President IWIP Kevin He mengatakan, pembuatan lapangan ini merupakan implementasi komitmen menjadi bagian tak terpisah sebagai warga Halmahera Tengah. Dari lapangan ini diharapkan lahir talenta-talenta pesepak bola yang prestasinya membanggakan. 

"Kami berharap lapangan ini menjadi wahana yang memberikan arti dan nilai bagi pemerintah dan warga Desa Waibulen, baik sebagai fasilitas olahraga, ruang terbuka umum, maupun area rekreasi dan aktivitas positif lainnya," katanya. 

Sejauh ini IWIP terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam berbagai gelaran olahraga. Pada 2022 lalu IWIP menjadi sponsor utama dalam event resmi PSSI, yakni Liga 3 zona Maluku Utara. 

Tidak hanya itu, sebulan lalu IWIP juga memberikan dukungan penuh terhadap gelaran sepak bola paling bergengsi di Maluku Utara, yaitu Gurabati Open Tournament 2023. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023