PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) mengantisipasi penyalahgunaan sambungan disebabkan kelainan pada kWh meter yang secara berkala melakukan pengecekan di tempat pelanggan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU), Awat Tuhuloula dihubungi di Ternate, Selasa, mengatakan dalam memastikan pasokan listrik yang andal dan aman untuk dimanfaatkan masyarakat, pihaknya mengecek rutin dan melakukan pemeriksaan secara keseluruhan terhadap aset jaringan listrik dari pembangkit hingga perangkat kWh meter yang dipasang di rumah pelanggan.

"Ketika melakukan pemeriksaan terhadap kWh meter, petugas lapangan kami memastikan kWh meter tersebut dan  miniature circuit breaker (MCB) atau thermis berfungsi baik sebagai pengukur dan pembatas arus listrik," kata Awat.

Baca juga: PLN UIW MMU salurkan hewan kurban di wilayah kerja

Dia menyebut, petugas PLN yang melakukan pemeriksaan akan memeriksa apakah kWh meter dan MCB pada kondisi normal dan aman, tidak ada kelainan sesuai daya berlangganan.

Selain itu, proses pemeriksaan ini meliputi pengecekan sambungan tenaga listrik dan juga pemeriksaan alat pengukur dan pembatas (APP) menggunakan CT Analizer_.

Manager UP3 Tobelo, Sarif Selang menjelaskan, pemeriksaan rutin dari tim Transaksi Energi UP3 Tobelo merupakan upaya PLN agar masyarakat terhindar dari bahaya listrik seperti kebakaran akibat penyalahgunaan sambungan tenaga listrik yang tidak sesuai prosedur.

"Pemakaian yang tidak terhitung dari kWh atau pelanggaran pemakaian dapat merugikan PLN, ini disebut dengan susut non teknis. Maka pemeriksaan ini secara tidak langsung juga membantu PLN meningkatkan layanan dari peningkatan penjualan," kata Sarif.

Baca juga: PLN Malut pelihara pasokan listrik jelang perayaan Idul Adha

Sarif mengimbau masyarakat mendukung pelayanan PLN dengan menjaga kWh meter yang terpasang di rumah.

"Jangan lakukan apapun secara mandiri pada kWh meter anda, laporkan kepada PLN jika anda menemukan kelainan, gangguan, kerusakan, atau lampu padam. kWh meter sepenuhnya merupakan kewenangan PLN. Kami siap membantu pelanggan kapanpun dan dimanapun, maka biarkan petugas yang bekerja," ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, PLN UP3 Tobelo bisa mengamankan 801.186 kWh dari pemeriksaan yang dilakukan sejak Januari hingga Juni 2023 lalu.


Baca juga: PLN lakukan pemeliharaan rutin gardu hubung di Maluku Tengah

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023