Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) siapkan fasilitas Rumah Sakit Umum (RSU) Ternate untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

"Kami akan siapkan RSU Ternate yang representatif dan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan dasar kesehatan memadai," kata Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman di Ternate, Selasa.

Pihaknya akan menyelesaikan seluruh tahapan terkait dengan aturan dan strategi untuk meningkatkan sumber pendapatan mulai dari kepesertaan BPJS Kesehatan, pasien swasta, dan karyawan perusahaan yang akan mendapatkan jaminan perusahaan untuk berobat di RSU Ternate.

Untuk itu Pemkot Ternate bekerja sama dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur dan fasilitas kesehatan, serta telah menyampaikan rancangan pembangunan daerah (ranperda)  ke DPRD Kota Ternate pada 3 Juli 2023. 

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly menyatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan tim  Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)untuk membahas kendala dan progres pembangunan rumah sakit umum tersebut.

Ia mengatakan pembangunan RSUD Kota Ternate yang dilakukan PT Wijaya Karya (Wika) ini telah mendapatkan respon positif dari instansi lainnya, termasuk BPKP.

Tim BPKP, kata dia, juga mengusulkan agar ada diskusi lebih lanjut dengan pemkot. "Intinya mereka menginginkan ada progres yang harus mereka tahu dan sejauh ini perkembangan PT Wika itu masih dalam pengembangan," katanya.

Pihaknya berharap melalui koordinasi dengan berbagai instansi, terutama BPKP,  ada konsep dan pola investasi yang tepat pembangunan rumah sakit umum tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023