Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengadakan forum infrastruktur wilayah 2023 di Ambon yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional, Sumedi Andono Mulyo mengatakan, forum ini bertujuan untuk melihat perkembangan pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas.

“Forum ini bertujuan untuk bagaimana kami melihat terkait dengan penguatan dan pengembangan daerah, dan juga pengembangan wilayah melalui infrastruktur dasar yang berkualitas,” kata Sumedi Andono, di Ambon, Rabu.

Tidak hanya itu, Bappenas dengan Bappeda juga bersama-sama menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 - 2029.

“Oleh sebab itu forum infrastruktur wilayah, ini juga sebagai kolaborasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam hal ini Bappenas bersama kementerian dan perguruan tinggi, kemudian juga pelaku usaha,” ujarnya.

Menurutnya, melalui forum ini, dapat dilakukan pendekatan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas perencana dan kebijakan, sekaligus menjawab permasalahan di daerah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Anton Lailossa mengatakan tujuan Bappeda saat ini baik jangka pendek maupun jangka panjang adalah “technopark” pada bidang rempah dan bidang perikanan.

“Jadi harapan Bappenas bersama kita pada saat ini dibangun perlahan-lahan ke depan yaitu bahwa produk-produk perikanan dan pertanian kita digarap bukan hanya dari sisi industri tetapi juga di sana ada terlibat penelitiannya,” kata Anton.

Ia menambahkan, akan dijadikan industri yang berbasis sains, di mana produk-produk akan menghasilkan nilai tambah yang luas. “Jadi produk kita l tidak hanya speerti saat ini, akan kita kembangkan lebih luas dan bernilai tambah. Itulah yang akan kita bangun bersama Bappenas ke depan,” ucapnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappenas adakan forum infrastruktur wilayah 2023 di Ambon

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023