Komisi IX DPR RI mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk investasi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan dalam upaya distribusi tenaga kesehatan di wilayah kepulauan itu.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan Provinsi Maluku dengan 11 kabupaten/kota berbentuk kepulauan tersebuy membutuhkan penanganan khusus untuk distribusi tenaga kesehatan.

"Tadi kita telah mendengar terkait persoalan kesehatan, dimana Dinas Kesehatan Maluku mengeluhkan salah satunya terkait distribusi tenaga kesehatan di pulau-pulau sulit sekali," katanya pada kunjungan kerja Komisi IX di Kota Ambon, Jumat.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan terkait distribusi tenaga kesehatan. Apalagi pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan alokasi untuk beasiswa tenaga kesehatan.

"Kita mendorong dari putra daerah Maluku untuk memanfaatkan beasiswa, sehingga ketika selesai pendidikan mereka yang akan kembali mengabdi di Maluku," kata Nihayatul Wafiroh.

Ia mengakui mengambil tenaga kesehatan dari luar daerah Maluku tentu sangat sulit untuk bisa mengabdi di wilayah kepulauan, seperti Pulau Seram, Buru, Maluku Barat Daya, dan pulau lainnya.

"Yang bisa kita lakukan adalah memilih putra daerah untuk bisa bersekolah dan menjadi investasi SDM, beda dengan investasi lainnya karena investasi SDM tidak kelihatan mata," katanya.

Selain itu, lanjut dia, masalah gugus pulau di Maluku menjadi catatan sekaligus pekerjaan rumah bagi Komisi IX DPR RI.

Provinsi Maluku dengan kondisi geografis yang berwujud gugusan pulau menjadi tantangan bagi pelayanan kesehatan, seperti biaya transportasi yang tinggi, distribusi logistik yang tidak merata, serta kondisi alam yang tidak mendukung.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku Meikyal Pontoh mengatakan sebelum ada gugus pulau layanan masyarakat untuk melahirkan dari satu pulau ke pulau lainnya di provinsi Maluku mencapai 48 jam, tetapi sekarang menjadi delapan jam. "Masalah ini tentunya juga menjadi catatan penting bagi kami," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komisi IX DPR RI dorong Pemprov Maluku investasi SDM kesehatan 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023