Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodim 1504/Ambon bersama warga membantu proses evakuasi mayat yang mengapung di perairan Pantai Pahalaleng Desa Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

“Mayat itu tadi mengapung di sekitar lokasi perairan pantai Pahalaleng Desa Alang, kemudian saya mengajak pemuda setempat untuk mengangkat mayat itu ke pinggiran pantai,” ujar Babinsa Desa Allang Serda Johanis Putirulan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Pihaknya pun kemudian berkoordinasi dengan keluarga korban, Pemerintah Desa Alang, Tim SAR dan Polsek Leihitu Barat untuk penanganan selanjutnya.

Sebab, kata dia, sebelumnya warga setempat yang dibantu Basarnas telah melakukan operasi pencarian mayat atas nama Ferny Patty sejak beberapa hari yang lalu pada awal kejadian jatuhnya korban dari tebing karang di wilayah itu, Sabtu (29/7).

Sementara itu Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar, dalam keterangan resmi menjelaskan, sekitar pukul 09.30 WIT pihaknya mendapat laporan warga telah menemukan jenazah korban di sekitar perairan Desa Allang.

Dari laporan tersebut, kata dia, kemudian pihaknya mengerahkan Tim SAR Gabungan menuju lokasi temuan jenazah tersebut dengan menggunakan KN SAR Abimanyu guna mengevakuasi mayat itu..

"Kami mendapat laporan dari Raja Allang, kalau korban sudah di temukan, sehingga kita langsung kerahkan tim SAR gabungan ke lokasi kejadian. Dan sekitar pukul 11.00 WIT korban dievakuasi ke rumah duka,” kata Arif Anwar.

Menurut dia, jenazah korban itu ditemukan dengan jarak koordinat 3°46'48.93"S - 127°59'32.71"E di sekitar perairan Desa Allang lama.

Sebelumnya, Ferny Patty, dilaporkan terjatuh dari atas tebing batu ke laut perairan Tajung Alang dan dinyatakan hilang. Setelah kejadian itu, Sabtu (29/7) dini hari sekitar pukul 00.30 WIT warga setempat pun langsung berupaya mencari korban.
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023