Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, warga Kota Ambon, Provinsi Maluku beramai-ramai menghias kampung dengan ornamen bermotif warna bendera kebangsaan yakni merah dan putih.

“ini merupakan bentuk sukacita kami warga Baru Merah Kepala Air, Kota Ambon untuk merayakan hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus,” ujar salah satu warga Batu merah Kepala Air, Arifudin di Ambon, Senin.

Menurut Arifudin hal itu dilakukan warga sejak memasuki bulan Agustus 2023 mengikuti instruksi Pemerintah Provinsi Maluku terkait pemasangan bendera merah putih di setiap rumah-rumah warga.

Berdasarkan pantauan, warga memasang beragam umbul-umbul dan dekorasi bernuansa merah putih di setiap sudut kampung.

Mulai dari bendera merah putih berukuran kecil yang digantung antara atap rumah-rumah warga hingga botol plastik bekas yang dijadikan ornamen tertentu untuk kemudian digantung.

"Ya meskipun seadanya tapi ini bentuk kreatifitas kami," kata dia.

Tak hanya di Batu merah Kepala Air, warga di kawasan Aster Tantui Kota Ambon juga tak ingin ketinggalan menyemarakkan nuansa kemerdekaan tahun ini.

Serupa tapi tak sama, warga di kawasan itu juga menggelar beragam kegiatan lomba untuk memeriahkan 17 Agustus 2023.

"Selain menghias kampung, kami juga menggelar lomba, mulai dari tarik tambang hingga lomba-lomba tradisional lainnya. Jadi semua warga turut berpartisipasi dalam lomba tersebut," kata salah satu warga Aster, Devi Yusvina.

Antusiasme warga menghias masing-masing kampung tak terlepas dari dorongan Pemerintah Provinsi Maluku yang sudah terlebih dahulu menghias ikon Kota Ambon yakni lapangan merdeka dengan berbagai ornamen kemerdekaan.

Pada tahun ini Pemprov Maluku menghias lapangan tersebut dengan membangun gapura buatan bermotif bebatuan dengan rumah-rumah adat di sekitarnya.

Tak jarang, warga yang melintas langsung mengabadikan momen dengan berswafoto di depan dekorasi tersebut.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023