Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Suahasil Nazara   bersama jajaran melaksanakan  program UMKM "emas biru" tebar benih ikan agar pelestarian ikan tetap terjaga di provinsi itu.


Suahasil  menyampaikan UMKM emas biru salah satu bentuk implementasi penguatan Kemenkeu Satu agar kehadiran institusi mampu dirasakan manfaatnya bagi rakyat.

"Sebagai Kemenkeu Satu, kita terus mencari kemanfaatan baru salah satunya adalah penguatan sektor UMKM emas biru dengan tebar benih yang dilakukan hari ini di Maluku,"  kata dia.

Pihaknya  ingin Kemenkeu satu di Maluku dapat selalu bersinergi sehingga  penguatan UMKM emas biru dapat dilakukan lebih optimal.


Sementara, Kepala Kantor Wilayah kementerian Keuangan Djaka kusmartata menyampaikan Program UMKM ‘Emas Biru’ adalah program pelatihan untuk nelayan. Pelatihannya berupa budidaya ikan dan membuat keramba (tempat ikan).

Program ‘emas biru’ di pelopori oleh kodam XVI/pattimura untuk masyarakat Maluku dan Maluku Utara. Ikan yang dibudidaya dalam program Emas biru ini yakni bermacam-macam, dari ikan kerapu cantan, kerapu bebek, kakap, hingga bobara.

"Sebagai Pimpinan kemenkeu di Maluku kita siap support Program UMKM emas biru ini," ujarnya

Salah seorang Pengapu UMKM Emas biru Jefri  berharap dengan kegiatan tebar benih ikan ini  kesadaran masyarakat dalam pelestarian ikan agar tetap terjaga, serta dapat meningkatkan hasil panen yang membantu  ekonomi masyarakat nelayan dan kesejahteraan  khususnya pada pelaku UMKM nelayan di Maluku.

Pewarta: Aris Munandar

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023