Warga Ambon, Maluku berharap Pemerintah Provinsi terus menggelar pasar murah setiap pekan karena harga kebutuhan pokok yang dijual jauh lebih terjangkau sehingga masyarakat bisa berbelanja dengan harga yang lebih terjangkau.

"Mudah-mudahan pemerintah Maluku terus menggelar pasar murah agar warga yang kurang mampu juga bisa membeli pangan dengan harga terjangkau," kata salah seorang warga Kebun Cengkeh, Ambon di Ambon, Selasa saat berbelanja di pasar murah yang digelar Pemprov setempat.

Menurut dia dengan harga yang lebih terjangkau masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok sehingga uangnya bisa digunakan untuk yang lain saat harga barang-barang harian banyak yang naik.

Warga Ambon lainnya Farida juga menyampaikan terima kasih karena di pasar murah harga beras jauh lebih terjangkau.

"Semoga ini terus dilaksanakan hingga akhir tahun," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Maluku melaksanakan  Gerakan Pangan Murah atau pasar murah yang  dikoordinir oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku di Pasar Batu Merah Ambon  sejak Juli 2023 setiap Selasa.

Gerakan Pangan Murah merupakan  komitmen Pemerintah Daerah sebagaimana diinstruksikan Gubernur Maluku guna melakukan aksi yang berdampak kepada masyarakat  khususnya yang berkaitan dengan inflasi," kata Ketua Tim Gabungan Untuk Percepatan  Pembangunan (TGUPP) Maluku Hadi Bassalama.
  
Ia memaparkan  sejumlah komoditas  yang dijual kepada masyarakat seperti beras medium  yang dijual dengan harga Rp10.000 per kilogram dengan selisih Rp3.000 per kilogram dibandingkan yang dijual pedagang di pasar.

Kemudian minyak goreng Kita dijual dengan harga Rp13.000 per liter, jauh di bawah harga pasar tradisional Rp16.000 per liter, gula pasir dipatok Rp14.000 per  kilogram , kemudian telur juga di bawah harga pasar.

Dia mengatakan, kegiatan pasar murah ini akan digelar minimal sepekan sekali berkolaborasi dengan Pemkot Ambon.

"Mudah mudahan dengan Gerakan Pangan Murah bisa menstabilkan harga pasar dan membantu masyarakat yang membutuhkan,"ujarnya.

Agar tepat sasaran dalam proses pembelian dibatasi per paket seperti minyak goreng maksimal dua liter, telur maksimal dua rak, gula pasir maksimal dua kilogram dan beras maksimal 10 kilogram.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023