Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku  menggelar kegiatan "Ambon Creativepreuner” sebagai upaya melatih anak muda menciptakan inovasi menjadi wirausaha muda.

Kegiatan "Ambon Creativpreuner" merupakan upaya memperkuat kapasitas pelaku ekonomi kreatif di Kota Ambon, serta menyediakan ruang belajar bagi para pelaku ekonomi kreatif," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, kewirausahaan merupakan tongkat penting dalam menggerakkan roda ekonomi suatu daerah. Tidak ada yang lebih inspiratif selain melihat para generasi muda mau mengejar mimpi untuk meraih kemerdekaan finansial melalui langkah kewirausahaan yang inovatif. 

Dengan perubahan dunia yang begitu cepat, kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk tetap bersaing. Pemuda-pemudi memiliki pandangan yang selalu baru dan energi, sehingga mampu mendorong batas-batas yang ada. 

Kegiatan seperti ini katanya merupakan bukti, bahwa semangat kewirausahaan telah merasuki jiwa para pemuda demi harapan akan masa depan yang cerah.

Bodewin menyatakan, kewirausahaan bukan hanya tentang memulai bisnis atau mencari keuntungan, tetapi melihat peluang, memecahkan masalah dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. 

Selain itu, jadikan kewirausahaan sebagai alat untuk menciptakan perubahan positif karena ide-ide inovatif para pemuda dapat mengatasi tantangan lokal, menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Setiap upaya kewirausahaan itu ada tantangan, belajar dan harus berani ambil resiko. Dari sini kalian akan belajar, semoga ilmu yang diperoleh nanti menjadi bekal dalam meningkatkan usaha, dan dapat berkontribusi bagi komunitas," ujarnya.

Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon , Richard Luhukay menambahkan, melalui kegiatan ini para peserta akan diberikan pelatihan dan dukungan permodalan bagi pelaku ekonomi kreatif.

Selain itu meningkatkan jaringan para pelaku ekonomi kreatif dan meningkatkan kolaborasi Pemerintah Kota Ambon dengan UNDP dengan program UTH-CO:LAB Indonesia.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023