Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia menyapa dan melayani peserta di kantor cabang Maluku sekaligus memastikan para peserta merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan saat Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas).

"Hari pelanggan nasional menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk mempererat hubungan dengan para peserta dan menegaskan komitmen dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta," kata Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia di Ambon, Senin

Menurut dia pihaknya hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa masyarakat benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang diberikan.

"Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar ke depan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan, menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.  

Pihaknya menyebut, saat ini seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas. 

Selain itu di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memudahkan mereka mengakses manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat diakses kapan dan di mana saja, salah satunya adalah klaim Jaminan Hari Tua.

Hingga semester I 2023 pihaknya telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun. Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat tiga persen. 

"Lewat beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini berhasil membuktikan bahwa untuk layanan JHT mencapai 99,88 persen, yang artinya hampir seluruh klaim kami bayarkan, tepat waktu," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie mengapresiasi  kecepatan layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dan  mendorong seluruh masyarakat pekerja di wilayah Provinsi Maluku untuk memaksimalkan layanan tersebut. 

"Tadi kita lihat proses klaim jaminan begitu cepat. Ini sebagai wujud perlindungan terhadap Ketenagakerjaan dan saya himbau kepada seluruh masyarakat terutama yang bekerja untuk memanfaatkan jaminan BPJS (Ketenagakerjaan) ini dengan maksimal,"ujar Sadali. 

Sementara itu Kepala BPJamsostek cabang Maluku, Dwi Ari Wibowo menambahkan, hari pelanggan  2023 Pemerintah Provinsi Maluku hadir di kantor cabang untuk melihat proses pelayanan.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan manfaat program serta beasiswa pendidikan kepada empat orang ahli waris peserta yang meninggal dunia dengan total sebesar Rp766 juta.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023