Ternate (Antara Maluku) - PT Aneka Tambang (Antam) membantu mengatasi keterbatasan listrik di Provinsi Maluku Utara (Malut), khususnya di Sofifi, dengan memberikan bantuan genset senilai Rp17 miliar.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Malut Ambran Mustari di Ternate, Jumat mengatakan, genset yang keseluruhan berkapasitas 2,6 MW tersebut sudah terpasang di Sofifi dan siap diresmikan pengoperasiannya.

Genset yang dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, seperti travo dan jaringan yang serba komputerisasi tersebut, mampu memenuhi kebutuhan listrik di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Malut, dan sejumlah wilayah di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

"Adanya genset dari PT Antam tersebut diharapkan akan menjawab keluhan masyarakat dan instansi pemerintah serta pelaku usaha di Sofifi terkait terbatasnya listrik di daerah itu selama ini," kata Ambran Mustari.

Banyak instansi pemerintah, terutama instansi vertikal yang belum memindahkan aktivitasnya dari Ternate ke Sofifi, meski pusat pemerintahan Malut telah pindah dari Ternate ke Sofifi sejak 2010, di antaranya karena terbatasnya listrik di wilayah itu.

Mustari mengatakan, PT Antam memberiakan bantuan genset untuk mengatasi keterbatasan listrik di Sofifi sebagai bentuk kepedulian perusahaan milik negara itu karena selama ini telah menggarap potensi nikel di Malut.

PT Antam juga merencanakan membangun pembangkit listrik di Halmahera Timur yang selain untuk kebutuhan listrik bagi industri feronikel yang akan dibangun perusahaan itu di sana, juga sebagian didistribusikan kepada masyarakat setempat.

Menyinggung penyediaan listrik di Daruba, Ibu Kota Kabupaten Pulau Morotai, untuk menghadapi penyelenggaraan Sail Morotai di daerah itu pada 15 September 2012, ia mengatakan, tidak ada masalah karena PT PLN terus meningkatkan kapasitas listrik di sana.

PT PLN beberapa waktu lalu telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba berkapasitas 500 KV, selain itu telah pula menyiapkan penambahan genset di PLN Daruba serta pada sejumlah kantor instansi pemerintah, seperti Kantor Bupati dan lokasi penyelenggaraan Sail Morotai.

"PT PLN telah memberi jaminan bahwa berapa pun listrik yang dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan Sail Morotai, mereka siap menyediakannya, jadi khusus soal listrik tidak ada masalah," katanya.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012