Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum mengajak mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, turut aktif mengawasi partai politik menjelang Pemilu 2024.

“Kalau perlu mahasiswa Unpatti harus 'mendemonstrasi' partai politik di Maluku. Datangi mereka, awasi visi, dan misinya lalu sampaikan aspirasi kalian,” ujar Anas Urbaningrum saat memberikan kuliah umum di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) Unpatti Ambon, Senin.

Kuliah umum yang disampaikan Anas Urbaningrum sendiri mengangkat tema ‘Partai dan Partisipasi Politik Mahasiswa’.

“Tentunya demo yang dimaksud tetap mengedepankan adab dan cara-cara yang baik, seperti misalnya mengutus salah satu perwakilan untuk menyampaikan aspirasi rakyat,” kata dia.

Baca juga: Anas Urbaningrum belum bisa pastikan arah PKN di Pilpres 2024

Menurut dia, hal itu merupakan salah satu bentuk keterlibatan dan peran politik bagi mahasiswa atau gen Z menjelang Pemilu 2024.

“Ini juga upaya mahasiswa dalam melawan budaya apatisme politik. Karena apabila apatisme politik terus dibiarkan, maka nantinya panggung politik kita akan dikuasai dengan sistem yang tidak berdasarkan cara kerja demokrasi,” katanya.

Selain agar tak apatis terhadap politik, kata Anas, demo merupakan salah satu cara mahasiswa untuk menerapkan lima fungsi dan peran mahasiswa di tengah masyarakat sebagai agen perubahan ke arah yang lebih baik, penjaga nilai luhur, dan mulia, sebagai penerus bangsa Indonesia, penjaga moral bangsa, dan fungsi kontrol sosial.

Anas Urbaningrum sendiri melakukan kunjungan silaturahim ke Kota Ambon, Maluku, guna menghadiri pelantikan pengurus Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Majelis Daerah Forum Alumni HMI Wati (Forhati) Kota Ambon.


Baca juga: Anas Urbaningrum: Tak ada partai politik yang menjadi musuh PKN

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023