Cabang olahraga Indonesia Beladiri Campuran Amatir (IBCA) Mixed Martial Arts (MMA) mempersiapkan atlet melalui Kejuaraan Piala Gubernur Maluku menuju turnamen Menpora Cup 2023.

"Turnamen Menpora Cup di Jakarta rencananya akan dilaksanakan pada 4-6 November 2023," ujar Ketua Panitia Kejuaraan IBCA MMA  Piala Gubernur Maluku Ahmad Salampessy di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan atlet menuju turnamen Menpora Cup  kejuaraan tersebut diikuti oleh  120 atlet yang terdiri dari 18 sekolah SD, SMP, SMA di Maluku.

Menurutnya, kejuaraan IBCA MMA Piala Gubernur Maluku penting bagi masa depan cabang olahraga yang terbilang baru di Maluku. Apalagi sebelum diresmikan IBCA MMA Maluku telah mengirim atlet untuk mengikuti kejuaraan MMA di Provinsi Jawa Timur, dan memperoleh pencapaian dua emas, dua perak dan tiga perunggu pada Juli 2023.

Sementara itu Sekretaris daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie menyampaikan apresiasi karena pelaksanaan event ini, sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan prestasi olahraga bagi daerah.

“Dalam setiap pertandingan harus menjunjung tinggi sportivitas penuh percaya diri dan tidak emosional serta menghargai kemampuan kawan maupun lawan, bertanding dengan semangat juang yang tinggi dan raih  prestasi terbaik," kata Sadali.

Sekda berharap agar kejuaraan IBCA MMA piala Gubernur Maluku bisa melahirkan atlet MMA yang profesional dan siap mengikuti kejuaraan baik tingkat nasional maupun di level internasional.

“Kami minta seluruh peserta kejuaraan dan seluruh pemangku kepentingan yang secara langsung terlibat untuk menyukseskan kejuaraan ini dan agar menjadikan  ajang silaturahmi untuk memupuk persamaan, menjaga persatuan dan kesatuan, dan mempererat solidaritas  di antara seluruh peserta kejuaraan," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023