Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut)  membenahi berbagai objek wisata andalan yang ada di daerah itu  guna mendukung pelaksanaan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia pada  2-4 Oktober 2023.

"Sarasehan  istri wali kota se-Indonesia  di Ternate akan dihadiri ratusan pengunjung, sehingga pembenahan objek wisata perlu dilakukan seperti Pandara Kananga, Landmark dan jembatan Residen," kata Wali Kota Ternate Muhammad Tauhid Soleman di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, Pandara Kananga yang berada di pusat Kota Ternate akan dikunjungi tamu mulai dari  istri Wali Kota se-Indonesia, sehingga berbagai pembenahan infrastruktur terus dilakukan.

Kegiatan Sarasehan yang  juga akan dihadiri sejumlah wali kota di Indonesia sebagai  Pra Munas Asosiasi Pemerintah Kota (APEKSI) ke-XVII.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate memanfaatkan momentum kehadiran puluhan istri wali kota dan sejumlah wali kota dengan mempromosikan berbagai objek wisata dan UMKM lokal.

"Sehingga, dengan kehadiran tamu dari berbagai Indonesia ke Kota Ternate, bisa menggairahkan perekonomian daerah, dengan membenahi berbagai pusat kuliner, tamu yang datang bisa merasa nyaman dan membawa kesan yang baik bagi Kota Ternate," kata dia.

Hingga saat ini  panitia Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung  menyambut kedatangan para istri wali kota.

"Sesuai hasil koordinasi panitia, saat ini tercatat 48 istri wali kota dan pendamping 217 orang. Kami tetap menunggu konfirmasi istri wali kota lainnya dan dipastikan ada penambahan lagi karena  belum konfirmasi," ujarnya.

Panitia  juga telah mengantisipasi ketersediaan akomodasi hotel dan mobil untuk penjemputan dari Bandara Sultan Babullah Ternate .


"Sedangkan persiapan berbagai lokasi kegiatan seperti panggung malam pentas seni dan gala dinner hingga saat ini 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023